Baru-AlwiSamarinda, LiputanIslam.com — Tabloid ‘kembaran’ Obor Rakyat beredar di Kalimantan. Tabloid Martabat, demikian namanya, menyasar sejumlah perumahan di Samarinda. Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Timur, Charles Siahaan, mengatakan bahwa tabloid Martabat bukan produk pers. Tabloid dengan 16 halaman itu memuat berita yang memojokkan salah satu capres dan memuji pasangan capres lain.

“Selain memihak, tabloid ini tidak mencantumkan kotak redaksi, alamat redaksi, dan alamat percetakan. Tabloid ini jauh dari produk jurnalistik,” katanya seperti dilansir Tempo, Senin, 30 Juni 2014.

Dia menambahkan, menurut Undang-Undang Pers setiap bentuk produk jurnalistik wajib menyertakan penanggung jawabnya.

“Jika tidak ada, jelas melanggar UU Pers,” kata Charles.

Tabloid Martabat menampilkan cover dengan foto Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak berdampingan dengan capres Prabowo Subianto. Awang Faroek adalah Ketua tim pemenangan Prabowo-Hatta Rajasa di Kalimantan Timur.

Menurut Charles, dari pemberitaan sangat tak berimbang. Pemberitaan mengenai pandangan nomor urut 1 hanya positifnya saja tapi pasangan nomor urut 2 selalu negatif.

“Tak ada konfirmasinya, kelihatannya diambil dari tulisan di media sosial,” tutur Charles.

Bagaimana tanggapan Timses Jokowi-Jusuf Kalla atas beredarnya berbagai  kampanye hitam terhadap pasangan nomor dua tersebut?

“Tuhan Yang Maha Kuasa akan tetap bersama Jokowi-JK yang dizalimi dengan fitnah-fitnah,” kata Alwi Shihab saat berkampanye untuk Jokowi-JK di Banyuwangi, Senin, 30 Juni 2014.

Menurutnya, Jokowi-JK diserang dengan berbagai kampanye hitam, diantaranya isu beragama Kristen, keturunan Tionghoa, akan menghapus sertifikasi guru, dan menaikkan harga bahan bakar minyak. Meski demikian, tim pemenangan Jokowi-JK berkomitmen tidak akan membalas dengan cara yang sama. Menurut Alwi, pihaknya memilih mengklarifikasi langsung kampanye gelap itu dengan berdialog dengan masyarakat. Dia mengatakan tabloid Obor Rahmatan Lil Alamin diterbitkan untuk menangkal Obor Rakyat yang isinya merugikan kubu Jokowi-JK. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL