parpol

Sumber foto: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Kekuatan parpol Islam di Pileg cukup besar. Diprediksi fenomena Pilpres 1999 bisa terulang, saat partai Islam bersatu membentuk poros tengah.

“Dengan jumlah suaranya itu, partai Islam sebetulnya bisa mengacukan calon presiden sendiri di tengah kompetisi tajam 2 kubu Jokowi dan Prabowo,” kata Ahmad Fuad Fanani, Dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dalam siaran pers, Jumat (10/4/2014).

Fenomena semacam ini mirip dengan peta politik tahun 1999. Saaat itu partai Islam mengajukan capres alternatif.

“Partai Islam mengajukan alternatif sendiri di tengah persaingan tajam kubu Habibie dan Megawati. Kerjasama strategis partai Islam ini bisa dinamakan sebagai poros strategis. Poros strategis ini hendaknya tidak saja menggalang suara partai Islam,” kata Direktur Riset Maarif Institute ini.

Namun akan lebih kuat lagi jika poros ini juga menggalang kekuatan ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah dan lainnya. Gabungan suara Partai Islam dan ormas Islam bakal jadi kekuatan alternatif baru dalam peta perpolitikan di Indonesia.

“Saya kira pemilu 2014 bisa menjadi momentum parpol Islam dan ormas Islam untuk memunculkan capresnya sendiri,” pungkasnya. (ba/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*