Soekarno“Jika engkau mencari pemimpin, carilah yang dibenci, ditakuti atau dicacimaki asing. Karena itulah yang benar.”

Pernahkah Anda  menemukan kutipan (quote) yang katanya berasal dari Bung Karno ini? Mayoritas Anda pasti pernah melihatnya karena quote ini selalu disebar di berbagai media dan jejaring sosial, dan belakangan, marak digunakan dalam kampanye salah satu capres. Contohnya:

“Presiden pertama Indonesia yakni Soekarno ternyata pernah meramalkan soal sosok pemimpin Indonesia kedepan. Sosok tersebut menurut Soekarno harus disegani dan ditakuti oleh pihak asing.” (Inilahcom, 5 Juli 2014)

“Presiden pertama RI Soekarno “Carilah pemimpin yang dibenci, ditakuti atau dicaci-maki asing, karena itu yang benar. Pemimpin tersebut akan membelamu di atas kepentingan asing itu. Dan janganlah kamu memilih pemimpin yang dipuji-puji asing, karena ia akan memperdayaimu.” (Merdekacom, 5 Juli 2014)

Kebanyakan kita sangat mudah percaya bila ada sebuah kutipan yang mengatasnamakan seseorang yang dilengkapi dengan foto, apalagi jika tokoh tersbut adalah tokoh-tokoh populer yang hidup di hati rakyat. Akibatnya, banyak yang menganggap quote di atas shahih. Benarkah demikian?

Hampir semua Soekarnois yang hapal pidato-pidato Bung Karno, sepanjang yang saya tahu,  meragukan kebenarannya bahkan banyak yang menganggapnya hoax.  Dan nyatanya hampir semua orang yang menyebarkan quote ini pun tidak pernah bisa memberikan bukti video atau setidaknya rekaman suara bahwa kata-kata ini memang berasal dari Bung Karno. Yang marak terjadi adalah, quote ini disebarluaskan secara masif, dari mulut ke mulut, dari tangan ke tangan tanpa peduli kevalidannya.

Karenanya, mari kita uji kebenaran quote ini secara rasional dengan menggunakan logika.

1. Bung Karno sudah wafat 44 tahun yang lalu, kenapa quote ini baru terdengar sekarang ? Bahkan,  di Pilpres yang lalu kutipan seperti ini tidak pernah terdengar. Sehingga, kemunculannya yang tiba-tiba tentu mengundang tanda tanya besar, mengapa baru sekarang?

2. Apakah Anda berpikiran bila seseorang pernah dipuji asing, lantas ia jadi tidak pantas menjadi pemimpin? Saya rasa Soekarno tidak sepicik itu, Bung. Seakan-akan semua orang asing dan yang berasal dari asing adalah produk iblis.

Mari kita lihat rekam jejak Bung Karno. Sejarah menyaksikan bahwa tidak ada pemimpin Indonesia yang dipuji pihak asing melebihi Bung Karno sendiri. Tercatat banyak pemimpin dunia pernah memuji sosoknya dan pemikirannya. Mulai dari pimpinan negara-negara  Non-Blok, Asia-Afrika, Asean, Timur Tengah, Amerika Latin bahkan pimpinan negara-negara  komunis Uni Soviet dan China pun pernah memujinya. Bahkan pimpinan Vatikan Paus Paulus pun pernah memuji beliau.

Tidak hanya itu, setidaknya 5 negara asing mengabadikan nama Soekarno di negaranya, yaitu:

1. Mesjid Biru Soekarno di St. Petersburg, Rusia

2. Jalan Ahmad Soekarno di Mesir

3. Jalan Soekarno di Rabat, Maroko

4. Jalan Soekarno di Peshawar, Pakistan

5. Ditebitkannya perangko seri Soekarno di Kuba oleh Pemerintah Kuba

Pastinya tidak ada satupun sosok pemimpin Indonesia yang begitu dikagumi oleh negara asing melebihi Bung Karno sendiri. Jika benar kutipan tersebut  berasal dari Bung Karno, alangkah lucunya Bung Karno – ia menjatuhkan dirinya di depan anak bangsanya sendiri. [Disunting dari tulisan Ahmed Zain-Oul Mottaqin]

————–

Redaksi menerima sumbangan tulisan untuk rubrik Opini, silahkan kirimkan ke redaksi@liputanislam.com

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL