putiniraqi2Pernahkah Anda mendengar kalimat ‘Putin adalah seorang Syiah’? Sekarang, Putin adalah sosok yang sangat populer di Irak. Presiden Rusia ini, menjadi icon ketika ia mengerahkan pasukannya untuk bertempur di Suriah melawan ISIS, dan secara ajaib, popularitasnya juga meroket di Irak, dan penduduk setempat menunggu ‘Haji Putin’ bak menunggu penyelamat.

Duduk di galerinya di Baghdad, pelukis Mohammed Karim Nihaya tengah menyempurnakan lukisan Putin yang ia salin dari internet.

“Saya menunggu Rusia untuk turut terlibat memerangi ISIS di sini. Serangan mereka di Suriah menunjukkan hasil, sedangkan serangan dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya selama satu tahun tidak membuahkan hasil.”

Seperti diketahui, pesawat-pesawat tempur Rusia mulai mengebom sasarannya di Suriah sejak 30 September. Mereka juga menggenjot serangan dengan melepaskan rudal jelajah dari Laut Kaspia.

Seorang warga Irak, Mohammed, yang tengah menganggur, sangat antusias menanti Rusia. “Kami tidak menginginkan koalisi internasional. Kami hanya menginginkan Rusia membantu kami, dan kami akan menyembelih seekor domba untuk menyambut mereka.”

Beberapa warga Irak melihat bahwa Rusia mengokohkan dukungannya kepada Suriah dan Iran dalam beberapa tahun terakhir, dan karenanya, mereka beranggapan bahwa Rusia bisa menjadi sekutu.

Sosok Putin yang bertelanjang dada, yang terlihat seperti pemimpin yang kuat dan tangguh masih menjadi favorit rakyat Irak – mereka masih ‘mengkultuskan’ pemimpin yang kuat – dan karakteristik tersebut masih hidup bahkan setelah 12 tahun Saddam Hussein digulingkan.

Merebaknya Putinmania

Di media sosial, netizen menjadikan Putin sebagai ‘warga kehormatan’ dengan lelucon atau meme yang beredar luas. Mereka membuat sebuah cerita tentang Putin sebagai berikut:

“Ayah Putin adalah seorang Syiah dari Irak selatan, di dekat Nasiriyah, dan merupakan pemilik toko kelontong. Ia memperkenalkan buah ara (yang dalam bahasa Arab juga berarti timah) untuk dijual di pasar lokal. Karena itulah, ia dikenal sebagai Abu Tin.

Setelah Perang Dunia II, Abu Tin pindah ke Uni Sovyet, menikahi seorang gadis Rusia berambut pirang, dan ketika putra mereka lahir, anak tersebut diberi nama Abdulamir (‘Abdulamir’ sedikit diplesetkan dari ‘Vladimir’).”

Tentu saja, cerita itu adalah fiktif — yang merupakan semacam harapan dan kekaguman rakyat Irak pada Putin. Pengguna Facebook mulai berseloroh, menyatakan bahwa Putin adalah seorang Syiah, dan memasang gambar Putin sebagai foto profil.

“Kami harus memberikan kewarganegaraan Irak dan Suriah untuk Putin, karena ia mengasihi kami lebih daripada politisi kami sendiri,” ucap Mohammed al-Bahadli, seorang mahasiswa yang tengah berada di Najaf.

“ISIS mengebom kami karena kami disebut Rafidha,” ujar Saad Abdullah. “Sementara Putin, yang merupakan penganut Kristen Orthodoks, membela kami. Bisa jadi dia benar-benar adalah seorang Syiah, dan kami tidak tahu hal itu,” ujarnya sambil tersenyum lebar, yang mengisyaratkan bahwa ia tengah bercanda dengan kata-katanya barusan.

Seorang sopir taksi yang bernama Ali al-Rammahi mengatakan bahwa Putin adalah satu-satunya alasan yang membuatnya bertahan, tidak bergabung dengan ribuan penduduk Irak yang melarikan diri menuju Eropa.

“Saya berterimakasih kepada Putin karena ia menyakinkan saya untuk tetap bertahan di Irak. Haji Putin lebih baik daripada Hussein Obama,” ujarnya. Ia menyebut Putin dengan predikat ‘Haji’, yang biasa disematkan kepada ummat Islam yang telah melaksanakan ibadah haji ke Mekkah.

Putinmania juga telah ‘mencengkram’ politisi Irak, yang menyebabkan munculnya kebimbangan terkait sikap yang harus diambil Irak terkait intervensi Rusia.

Hakim al-Zamili, Kepala Komite Pertahanan Parlemen yang juga memimpin misili Syiah dalam perang melawan AS, menyarankan agar pemerintah Irak meminta Rusia untuk melakukan serangan udara terhadap kelompok teroris ISIS.

Akankah Putin mengerahkan pasukannya untuk menyerang ISIS di Irak? (LiputanIslam.com)

——-

Artikel ini ditulis oleh Jean-Marc Mojon dan Raji Nasser di tautan ini: http://www.yourmiddleeast.com/culture/ever-heard-of-putin-the-shiite-well-he-is-hugely-popular-in-iraq_35613#comment-2296956958

Diterjemahkan oleh Putu Heri.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL