save_gaza__palestine_by_caesarleo-d5lo72rBandung, LiputanIslam.com, –Komunitas pendukung dua klub sepakbola kenamaan Indonesia menunjukkan aksi solidaritasnya terhadap duka derita rakyat Palestina. Bonek (suporter fanatik Persebaya Surabaya) dan Viking (suporter klub kebanggaan Jawa Barat, Persib Bandung) diberitakan bersama-sama mengadakan acara pengumpulan dana untuk disumbangkan kepada rakyat Palestina.

Peristiwa ini terjadi di Bandung, Jumat (18/72014). Viking yang memang berkedudukan di kota Bandung bekerjasama dengan Bonek cabang Bandung menggelar acara tersebut. Sungguh pemandangan yang tidak biasa.

Suporter sepakbola di Indonesia selama ini seringkali diidentikkan dengan kekerasan, anarkisme, dan bentrokan. Di antara komunitas pendukung tim sepakbola dengan stigma “sangar” tadi adalah Bonek dan Viking. Keduanya masing-masing adalah suporter untuk dua klub dengan tradisi sepakbola yang sangat kuat di Indonesia, yaitu klub Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

Kedua kelompok suporter itu berkali-kali melakukan kerusuhan yang seringkali berujung kepada jatuhnya sanksi dari pihak PSSI kepada mereka atau kepada klub yang mereka dukung. Bentuk sanksi itu misalnya larangan menonton, larangan menggunakan atribut, dijatuhi denda, bahkan sampai larangan menggelar pertandingan kandang.

Faktanya, mereka hanya garang ketika sedang menjadi suporter. Kegarangan itu itu lebih merupakan ekspresi fanatisme kepada klub yang mereka cintai. Di luar itu, mereka adalah masyarakat Indonesia biasa dengan sifat-sifat kemanusiaan dan cinta terhadap sesama.

Ini terlihat dari kebersamaan mereka dalam menggelar acara pengumpulan dana bagi rakyat Palestina. Bonek dan Viking sepertinya tak bisa tinggal diam saja saat melihat ratusan nyawa melayang akibat serangan Israel ke Gaza. Mereka kemudian mengumpulkan dana untuk Palestina.

Pengumpulan dana donasi itu diberi tajuk #SinergiBantuPalestina.Para suporter ini mengumpulkan bantuan sebesar Rp 1.005.000. Bantuan ini kemudian diserahlan ke kantor Dompet Dhuafa Jabar-Sinergi Foundation di kawasan Pasir Kaliki, Bandung, Jumat (18/7/2014) lalu.

“Sekalipun kami ini suporter yang dilabeli ‘buruk’ oleh sebagian masyarakat, kami juga punya jiwa kemanusiaan,” ujar Kordinator Lapangan Bonek cabang Bandung Muhammad Abdul Gafar , Minggu (20/7/2014).

Sumbangan ini diperoleh mereka dari aksi turun ke jalanan di kawasan Simpang Dago dan Gasibu. Mereka mengajak masyarakat untuk ikut menyisihkan rezekinya untuk rakyat Palestina.

“Meski saat pengumpulan dana, cuaca Bandung panas, tapi apalah arti sengat terik matahari dibandingkan derita warga Palestina yang bisa kapan saja dibombardir zionis israel?” imbuhnya.

Salah satu anggota Bonek cabang Bandung, Rizki Zulhelmi berharap aksi ini menjadi inspirasi bagi suporter yang lainnya.

“Semoga donasi ini dapat bermanfaat bagi warga Palestina walaupun jumlahnya tidak seberapa. Ke depannya saya menghimbau rekan-rekan suporter lain untuk turut serta berpartisipasi menyalurkan kepeduliannya untuk Palestina,” kata Rizki.

Aremania Tunjukkan Solidaritas

AremaniaKomunkitas suporter terkenal Indonesia lainnya adalah Aremania. Mereka adalah kelompok pendukung klub elit Arema Indonesia Cronus. Aremania juga menunjukan rasa simpatinya terhadap penderitaan warga Palestina. Hal itu ditunjukan Aremania melalui spanduk yang dipajang di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (12/07/14).

Jelang kick off uji coba Arema Cronus lawan Timnas U-23, Aremania yang ada di salah satu sisi Stadion membentangkan dua spanduk bertuliskan ’God Save Gaza’ dan ’Free Palestine’.

Aksi itu merupakan bentuk kepedulian terhadap Palestina yang hingga kini digempur oleh pasukan militer Israel. Warga sipil pun berjatuhan, sehingga banyak nyawa yang menjadi korban.

“Kami salut kepada Aremania, mereka bukan hanya memberikan dukungan kepada tim Arema. Tapi juga menunjukan simpatinya kepada saudara di Palestina” ungkap Media Officer Arema Cronus, Sudarmaji seperti yang dilansir dari website resmi klub. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL