Illustrasi pemain video game/bbc.co.uk

Illustrasi pemain video game/bbc.co.uk

LiputanIslam.com – Pencipta World of Warcraft, Rob Prado mengatakan bahwa olahraga saat ini harus diberi definisi yang luas. Salah satunya adalah dengan memasukkan pertandingan permainan video atau video game, yang dikenal dengan E-Sport atau olahraga elektronik, disarankan untuk dilombakan dalam ajang Internasional Olimpiade.

Saat ini tuturnya, e-sport diikuti oleh para pemain profesional yang pertandingannya disaksikan oleh jutaan pasang mata yang merupakan penggemarnya masing-masing, seperti dilansir dari bbc.co.uk.

Sebagai salah satu contoh mengapa e-sport cukup beralasan dimasukkan dalam olimpiade adalah ketika final kejuaraan besar permainan video, Legends World Championship, yang digelar di Seoul, Korea Selatan pada bulan Oktober 2014 sangat spektakuler. Sekitar 40.000 penonton memadati stadion Sangam tempat pertandingan video game diselenggarakan. Belum lagi jika dihitung penonton yang melakukan streaming menggunakan internet dan beberapa acara nobar di berbagai belahan dunia demi melihat jago-jago mereka beraksi.

Alasan lainnya menurut Rob, para pemain profesional ini memiliki refleks yang amat cepat dan mereka harus mengambil keputusan yang amat cepat untuk terbang.

“Jika Anda melihat tindakan mereka per menit, mereka melakukan lebih dari 300,” tambahnya.

Bagaimanapun juga, Prado mengakui bahwa video game menghadapi pertarungan budaya berat untuk mendapatkan dukungan dari orang-orang yang mengikuti olahraga fisik.

Sebelumnya diberitakan bahwa industri permainan video di Inggris, TIGA, mengatakan video game seharusnya dikategorikan sebagai produk budaya yang sejajar dengan TV, film dan animasi. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL