u19Palembang, LiputanIslam.com–Timnas Indonesia U-19 kembali menuai hasil positif dalam laga ujicoba mereka melawan tim-tim lokal Indonesia. Meskipun mendapatkan perlawanan ketat, Garuda Muda akhirnya mampu menundukkan Sriwijaya FC U-21 dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan uji coba Tur Nusantara jilid II di Stadion Jakabaring Palembang, Sumatra Selatan, pada Jumat malam (20/6/2014).

Kemenangan ini membuat Timnas U-19 berhasil mencatatkan kemenangan ke-20 dari 27 laga uji coba mereka sebelum mengikuti putaran final Piala Asia U-19 Oktober tahun ini.

Kabar24 melaporkan, gol pertama Timnas U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri dicetak oleh Paulo Oktavianus Sitanggang yang masuk menggantikan Ichsan Kurniawan pada awal babak kedua. Paulo melepaskan tendangan jarak jauh yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Teja Paku Alam.

Srwijaya FC sempat menyamakan skor menjadi 1-1 melalui Rizky Dwi, namun Timnas U-19 kembali unggul melalui aksi individu Mukhlis Hadi Ning Saifulloh.

Permainan kedua tim berimbang, saling menyerang, dan Sriwijaya FC U-21 menunjukkan kualitasnya yang cukup mumpuni untuk mengimbangi permainan Evan Dimas Darmono dkk.

Pada babak pertama Timnas U-19 memiliki sedikitnya empat peluang. Namun tiga bidikan dari Ichsan Kurniawan, Ilham Udin Armayn, dan Mukhlis Hadi Ning Saifulloh tidak menemui bidang sasaran. Selain itu, satu tembakan jarak dekat dari Mukhlis masih bisa ditangkap kiper Sriwijaya Teja Paku Alam.

Sriwijaya juga mampu merepotkan pertahanan Timnas U-19. Sedikitnya dua peluang nyaris berbuah gol dari Rizky Dwi. Satu tembakan bebas menghantam mistar gawang dan satu sontekan sempat ditepis kiper Timnas U-19 Ravi Murdianto dan hanya bergulir tipis di sisi luar tiang kanan.

Memasuki babak kedua, peluang emas sempat dimiliki Ilham, namun tendangan rebound-nya yang menyambar bola hasil blokan kiper Teja atas tembakan Evan, hanya menyamping di jala luar.

Paulo akhirnya memecah kebuntuan dengan tendangan jarak jauhnya pada menit ke-54.

Rizky Dwi pada akhirnya benar-benar membobol gawang Ravi pada menit ke-74 setelah lolos dari penjagaan Febly Gushendra. Namun, aksi individu Mukhlis yang meliuk-liuk di antara tiga pemain Sriwijaya dan melepas tendangan keras akhirnya memastikan kemenangan Timnas U-19 menjadi 2-1.

Ini adalah kemenangan keempat Timnas U-19 dalam rangkaian laga Tur Nusantara jilid II. Sebelumnya skuat asuhan Indra Sjafri menundukkan Tim Pra-PON Aceh dan Tim Pra-PON Riau masing-masing dengan skor telak 4-0 dan mengalahkan Semen Padang FC U-21 dengan skor tipis 1-0.

Secara keseluruhan, laga kontra Sriwijaya U-21 tersebut menjadi uji coba ke-27 timnas U-19 dalam persiapannya menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober. Hasil yang sangat positif diraih oleh pasukan Garuda Muda. Dari 27 pertandingan yang sudah digelar, mereka baru menelan dua kekalahan. Sisanya berakhir dengan 20 kemenangan dan lima kali imbang. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL