tommyTommy, pebulutangkis yang menjadi unggulan kedelapan di nomor tunggal putra, kalah di babak pertama saat bertemu pemain Hong Kong, Wei Nan, di Indonesia Terbuka Super Series Premier 2016. Dia menyerah dengan skor 16-21 dan 14-21 dalam waktu 34 menit.

Game pertama mutlak jadi milik Wei Nan. Sejak awal dia selalu unggul dalam perolehan poin. Pemain peringkat 17 dunia itu unggul 20-11, tapi Tommy memangkas selisih poin menjadi 16-20. Wei Nan kemudian mendapatkan satu poin yang dia butuhkan untuk menutup game pertama.

Tommy sempat memimpin 4-2 di awal game kedua. Namun, setelah itu Wei Nan berbalik memimpin. Meski Tommy beberapa kali menyamakan kedudukan, Wei tak membiarkannya unggul lagi. Wei akhirnya menyudahi permainan dengan skor 21-14.

“Saya tidak mengeluarkan kemampuan saya seperti biasanya. Banyak kesalahan yang harusnya tidak saya lakukan sehingga banyak bola-bola yang dua tiga pukulan harus cepat mati,” komentar Tommy, yang diunggulkan di tempat kedelapan itu.

“Fisik saya memang belum sepenuhnya pulih setelah turnamen padat [Piala Thomas] kemarin. Tapi itu bagian dari tanggung jawab kita sebagai atlet dan tidak bisa dijadikan alasan juga. Saya memang tidak mengeluarkan sepenuhnya kemampuan saya hari ini,” sambung Tommy.

Tommy tidak bisa berlarut-larut meratapi kekalahannya. Pasalnya, Olimpiade 2016 sudah didepan mata. Evaluasi segera dilakukan demi mencapai hasil terbaik di Rio de Janiero, Brasil.

Peak perfomance saya tetap di Olimpiade 2016. Karenanya, pertandingan tadi sebenarnya hanya bagian dari perjalanan ke Olimpiade, karena top 8 dunia harus ikut. Kalau tidak, saya bisa kena denda.”

“Nanti setelah istirahat mungkin saya akan evaluasi lagi apa yang kurang.”

Sedangkan di turnamen selanjutnya, Tommy dijadwalkan akan turun di Australia Super Series Juli nanti.

“Saya masih belum tahu karena pertandingan ini sudah padat sekali jadi jenuh pasti ada. Lihat hasil evaluasi nanti seperti apa,” pungkas dia.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL