u19Pekanbaru , LiputanIslam.com, — Tim nasional Indonesia U-19 kembali memetik kemenangan dalam tur nusantara jilid dua. Menghadapi Tim Pra-PON Riau di Stadion Utama Riau, Pekanbaru, Senin (16/6/2014), timnas U-19 menang telak 4-0.

Timnas U-19 membuka skor pada menit kesepuluh. Gol pertama yang dicetak Al Qomar Tehupelasury ini diawali umpan Paulo Sitanggang kepada Maldini Pali. Maldini kemudian mencoba melepaskan umpan silang, tapi dihalau oleh pemain Pra-PON Riau. Bola liar kemudian disundul Al Qomar tanpa bisa diantisipasi kiper Adi Candra.

Sepanjang babak pertama, anak asuh Indra Sjafri menguasai pertandingan. Barisan belakang Pra PON Riau harus ekstra rapat untuk mencegah pemain-pemain sayap Timnas U-19 melakukan penetrasi.

Namun pertahanan Tim Pra Pon kembali bobol. Kali ini sebuah bola sepakan spekulasi Al Qomar gagal ditepis jauh. Bola malah jatuh ke kaki Martinus Novianto. Bola tendangan Martinus kembali gagal dihalau sempurna, sehingga kembali disambar Martinus. Timnas U-19 unggul 2-0.

Kejadian yang sama juga nyaris terjadi ketika sebuah serangan diawali aksi individu Ilham Udin Armaiyn. Kemelut sempat terjadi karena bola lepas dari tangan kiper Pra Pon Riau Adi Candra. Beruntung kali ini, bola rebound itu gagal disambar pemain Timnas U-19.

Sebelum babak pertama berakhir, Timnas U-19 memperlebar keunggulan. Gol kembali dicetak Martinus yang hanya menyambar bola matang di depan gawang hasil sodoran Ilham Udin Armaiyn yang berhadapan dengan Andi Candra di sisi kanan gawang.

Pada babak kedua, ritme permainan tidak banyak berubah. Timnas U-19 masih mendominasi penguasaan bola. Sejumlah pergantian pun dilakukan.

Evan Dimas masuk menggantikan Al Qomar pada menit 50. Pemain binaan Persebaya Surabaya itu langsung menggebrak pertahanan Pra Pon Riau dengan tendangan khasnya, yang keras dan terukur dari sektor kanan penalti. Timnas U-19 menambah keunggulan 4-0 pada menit 58.

Peluang emas juga didapat Evan di depan kotak penalti, namun meski tinggal berhadap-hadapan dengan kiper, kali ini kapten Timnas U-19 ini gagal menyorong bola ke dalam jala. Kedudukan 4-0 ini tak berubah hingga akhir.

Pertandingan ini merupakan ajang uji coba bagi Timnas U-19 sebelum berangkat ke Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober ini. Mengawali Tur Nusantara II, Evan Dimas dkk menang 4-0 dari Pra Pon Aceh, dan menang tipis 1-0 dari Semen Padang U-21.

Timnas U-19 rencananya akan melakoni delapan laga dalam Tur Nusantara II. Setelah melawan Pra Pon Riau, lawan berikut adalah Sriwijaya FC U-21. Laga akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang pada 20 Juni 2014. (by/detik.com/metrotvnews.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL