Laga Persahabatan Indonesia melawan Myanmar league ke 2 di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta, Rabu (7/5). Indonesia menutup babak pertama dengan 1 gol oleh Putu Gede juni Antara yang bernomor punggung 2  di tambahan waktu. [suara.com/ Adrian Mahakam, digitla image, 2014050793]Padang, LiputanIslam.com, –Tim Nasional Indonesia Usia 19 (U-19) kembali mencatatkan hasil positif saat melakoni laga lanjutan tur nusantara tahap kedua. Melawan Semen Padang U-21, ‘Garuda Muda’ menang tipis 1-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion H. Agus Salim, Rabu (11/6/2014), timnas U-19 tampil lebih dominan di babak pertama.

Tim besutan pelatih bertangan dingin Indra Sjafri itu mampu mendapatkan peluang lewat Ilham Udin Armayn dan Evan Dimas Darmono, tapi gagal mencetak gol. Paruh pertama laga berakhir dengan skor kaca mata alias 0-0.

Babak kedua berjalan, timnas U-19 mampu mencetak gol pada menit 69. Gol itu dilesakkan oleh Dinan Yahdian Javier. Proses gol tersebut berawal dari Ilham Udin yang mampu menguasai bola umpan silang yang gagal dihalau oleh bek kanan Semen Padang U-21.Dengan tenang,Ilham mengirimkan umpan untuk Dinan yang sudah berdiri bebas di muka gawang untuk bisa membuat gol.

Sepuluh menit kemudian, Dinan kembali mendapatkan peluang. Setelah mengelabui barisan pertahanan Semen Padang U-12, dia lantas melepaskan tembakan jarak jauh yang masih menyamping.

Di masa injury time, timnas U-19 kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Paulo Oktavianus Sitanggang mengirim umpan matang ke jantung pertahanan Semen Padang U-21.Tapi, Irfandi Zein Alzubeidy gagal menyundul bola masuk ke gawang. Tak lama kemudian laga selesai.Skor akhir 1-0.

Dengan hasil ini, timnas U-19 memetik kemenangan beruntun dalam dua laga awal tur nusantara tahap dua. Sebelumnya, mereka menang telak 4-0 atas tim Pra-PON Aceh pada 11 Juni lalu.

Secara keseluruhan, laga kontra Semen Padang U-21 tersebut menjadi uji coba ke-25 timnas U-19 dalam persiapannya menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober. Hasil yang sangat positif diraih oleh pasukan Garuda Muda. Dari 25 pertandingan yang sudah digelar, mereka baru menelan dua kekalahan. Sisanya berakhir dengan 18 kemenangan dan lima kali imbang.

Dalam pertandingan berikutnya, timnas U-19 akan menghadapi PS Kampar di Stadion Utama Riau pada 16 Juni mendatang.

Asah Penyelesaian Akhir

Sebelumnya pelatih Indra Sjafri, mengatakan bahwa fokus utama tur nusantra tahap dua ini adalah pembenahan dalam masalah finishing. Indra juga menyoroti efektivitas timnya dalam menyelesaikan peluang.

Dalam beberapa sesi latihan menjelang Tur Nusantara, Indra memperbanyak materi latihan dalam hal penguasaan bola dan efektivitas serangan. Indra berharap para pemainnya tak hanya kuat dalam penguasaan bola, tapi juga harus pintar melihat celah untuk menciptakan peluang sebanyak-banyaknya. “Jadi, penguasaan bola tidak mubazir. Anak-anak terus kami asah untuk melakukan umpan terobosan dan killing pass,” jelas pelatih berusia 51 tahun itu.

Timnas U-19 harus punya segudang cara memenangkan pertandingan sehingga tidak hanya bertumpu dengan membangun serangan melalui lini sayap. “Pemain juga harus berani melepaskan tendangan jarak jauh jika mendapat kesempatan,” kata Indra. (by/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL