timnasBandar Seri Begawan, LiputanIslam.com–Hasil buruk dialami Timnas U-19 dalam laga kedua mereka ketika berhadapan dengan tim Brunei Darussalam U-21 dalam Turnamen Hasanal Bolkiah Trophy (HBT). Pada laga tersebut, Evan Dimas dkk. kalah dengan skor 1-3.

Pada laga yang berlangsung di Track & Field Sports Complex, Bandar Seri Begawan, Senin (11/8/2014) malam WIB, Timnas U-19 sudah kebobolan tiga gol lebih dulu di babak pertama. Meskipun mereka bangkit dan meningkatkan tekanan pada babak kedua, tim besutan Indra Sjafri tersebut hanya mampu membalas satu gol, demikian dilaporkan detik.com.

Timnas U-19 sebenarnya mendominasi penguasaan bola, terutama di lini tengah. Sayangnya, beberapa kelengahan di lini belakang membuat mereka kebobolan tiga gol. Ketiga gol Brunei diciptakan oleh Adi Said, dari tiga peluang yang dimilikinya. Sedangkan Indonesia yang bertubi-tubi membombardir gawang lawan, hanya bisa mengkonversi satu saja dari peluang-peluang itu menjadi gol.

Gol pertama bagi Brunei dicetak Adi Said di menit kedelapan. Gol tersebut diawali oleh sebuah serangan dari sisi kanan pertahanan Timnas U-19. Adi, yang menusuk masuk, langsung melepaskan tendangan voli kaki kiri.Bola tendangan tersebut sempat ditepis kiper Timnas U-19, Ravi Mudianto, namun bola justru bergulir masuk ke dalam gawang.

Timnas U-19 berusaha membalas, namun menjelang akhir babak pertama, tepatnya pada menit ke-41, mereka justru kebobolan lagi. Kali ini Adi Said mencetak sebuah gol indah. Dia melepaskan tendangan jarak jauh dari sisi kiri pertahanan Timnas U-19.Bola hasil tendangan tersebut melambung dan melewati Ravi yang berdiri agak jauh dari gawang dan akhirnya masuk ke sisi sebelah kanan gawang Timnas U-19.

Gol ketiga Adi Said tercipta di menit ke-44 babak pertama. Dia mengecoh dua orang pemain yang mengawalnya lewat dua kali gerakan tipu sebelum akhirnya melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Lagi-lagi, tendangannya gagal diantisipasi oleh Ravi. Skor di babak pertama 3-0 untuk Brunei Darussalam.

Timnas U-19 kemudian meningkatkan tempo di babak kedua. Mereka kemudian mengurung pertahanan Brunei.Namun, penetrasi ke dalam kotak penalti Brunei tetap dijalankan dari kedua sayap.

Beberapa peluang berhasil diciptakan. Sial buat Timnas U-19, buruknya penyelesaian akhir membuat sepakan mereka kerap melenceng dari sasaran ataupun membentur tiang gawang.

Gol baru tercipta di menit ke-74. Serangan yang dibangun oleh Maldini Pali dari sisi kiri diakhiri oleh sebuah umpan tarik. Dimas Drajad kemudian melanjutkannya dengan operan tumit dan Ilham Udin Armayn menyelesaikannya dengan sontekan kaki kiri.

Sampai akhir laga, Timnas U-19 terus mendominasi laga dan mengurung pertahanan Brunei. Namun, tak ada gol tambahan diciptakan.

Timnas U-19 sudah melakoni dua pertandingan di turnamen ini. Sebelumnya, mereka bermain imbang tanpa gol dengan Malaysia U-21 pada hari Jumat silam.

Pada selanjutnya, yaitu Rabu, 13 Agustus pukul 15.00 WIB,  Timnas U-19 akan melawan Vietnam. Kemudian, Sabtu, 16 Agustus pukul 15.00 WIB, Indonesia melawan Kamboja; dan terakhir, Senin, 18 Agustus pukul 15.00 WIB,  Indonesia akan melawan Singapura.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy terbagi menjadi dua grup. Grup A terdiri dari Myanmar, Thailand, Laos, Timor Leste, dan Filipina. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Hampir semua negara peserta turnamen HBT 2014 mengirimkan Timnas U-21 kecuali Thailand dan Vietnam yang mengutus Timnas U-20, serta Indonesia yang mengirimkan Timnas U-19.

Bagi Timnas U-19, turnamen ini sebenarnya lebih dianggap sebagai ajang pemanasan sebelum mengikuti Kejuaran Piala Asia U-19 yang akan digelar Oktober mendatang di Myanmar. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL