timnas-Bandar Seri Begawan, LiputanIslam.com –Hasil buruk kembali harus diterima Timnas U-19 pada turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT). Pada laga ketiga melawan Timnas Vietnam yang berlangsung di Track & Field Sports Complex, Bandar Seri Begawan, Rabu (13/8/2014) sore WIB, pasukan Garuda Muda takluk dengan skor 1-3.

Hasil ini mengulang kekalahan dari Brunei Darussalam U-21 dua hari sebelumnya, ketika Evan Dimas dkk juga kalah menyakitkan dengan skor sama: 1-3. Dengan hasil ini, dari tiga kali pertandingan, Indonesia hanya mengemas nilai satu karena pada laga pertama, mereka hanya bermain seri melawan Malaysia U-21.

Pada laga melawan Vietnam ini, Timnas U-19 sudah tertinggal tiga gol di babak pertama. Sama seperti ketika menghadapi Brunei, mereka hanya bisa membalasnya dengan satu gol di babak kedua.

Sebagaimana dilaporkan detik.com, gol perdana lawan ke gawang Timnas U-19 juga tercipta di menit-menit awal.Jika gol pertama Brunei tercipta pada menit kedelapan, gol Vietnam tercipta lebih cepat, yakni pada menit kelima. Berawal dari sebuah tendangan bebas, bola sepakan Nguyen Loang Hai melewati pagar betis Timnas U-19.

Bola kemudian membelok karena mengenai salah seirang pemain Indonesia. Penjaga gawang Ravi, yang sudah bergerak ke sisi kanan gawang, tidak menyangka bola justru akan mengarah ke sisi kirinya. Alhasil, tendangan Loang Hai tidak terhadang.

Gol kedua Vietnam tercipta pada menit ke-37. Lagi-lagi, gol tersebut mirip dengan gol pemain Brunei, Adi Said, ke gawang Ravi beberapa hari silam, lewat sebuah tendangan jarak jauh.Kali ini, Phong Hong melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Tendangan tersebut menghujam deras gawang Ravi. Setelah gol ini, Ravi kemudian ditarik keluar dan digantikan oleh kiper kedua, Awan Setho.

Namun, sebelum babak pertama berakhir, Vietnam menambah satu gol lagi. Pada menit ke-45, Nguyen Chong berhasil melepaskan diri dari kawalan ketat dua pemain Timnas U-19 sebelum akhirnya melepaskan sontekan dari dalam kotak penalti.

Ketinggalan 0-3, Timnas U-19 kembali berusaha mendominasi penguasaan bola. Sama seperti di babak pertama, mereka memang sempat menembus pertahanan Vietnam dan mengkreasikan peluang, namun usaha mereka selalu gagal di saat-saat akhir. Entah sepakan tidak tepat sasaran atau ditepis kiper Vietnam, Le Van Truong.

Indonesia baru bisa mencetak gol pada menit ke-80 lewat Septian David. Pemain bernomor punggung 29 itu menciptakan sebuah gol bagus. Setelah mengecoh dua pemain yang mengawalnya di dalam kotak penalti, dia langsung melepaskan sepakan terarah. Kali ini gawang Vietnam bobol. Skor 1-3 tidak berubah sampai pertandingan usai.

Selanjutnya, Sabtu, 16 Agustus pukul 15.00 WIB, Indonesia melawan Kamboja; dan terakhir, Senin, 18 Agustus pukul 15.00 WIB,  Indonesia akan melawan Singapura.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy terbagi menjadi dua grup. Grup A terdiri dari Myanmar, Thailand, Laos, Timor Leste, dan Filipina. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Hampir semua negara peserta turnamen HBT 2014 mengirimkan Timnas U-21 kecuali Thailand dan Vietnam yang mengutus Timnas U-20, serta Indonesia yang mengirimkan Timnas U-19.

Bagi Timnas U-19, turnamen ini sebenarnya lebih dianggap sebagai ajang pemanasan sebelum mengikuti Kejuaran Piala Asia U-19 yang akan digelar Oktober mendatang di Myanmar. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL