timnas-u19-indonesiaBandar Seri Begawan, LiputanIslam.com,–Tim Nasional Indonesia U-19 gagal meraih poin penuh dalam kiprah awalnya di Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT). Anak-anak muda bangsa yang punya banyak fans itu hanya mampu bermain imbang 0-0 saat melawan tim Malaysia U-21.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Track & Field Sports Complex, Bandar Seri Begawan, Jumat (8/8/2014) sore WIB, kedua tim bermain cukup alot. Serangan silih berganti diancarkan kedua kubu. Meskipun demikian, kegagalan dalam mengeksekusi berbagai peluang membuat kedua tim harus puas berbagi angka.

Timnas U-19 mendapatkan kans pertama di menit keenam, demikian dilansir detik.com.Muhammad Hargianto melepaskan umpan panjang yang berhasil dikejar oleh striker Ilham Udin Armayn. Tinggal berhadapan dengan kiper Malaysia Amrullah, eksekusi Ilham masih melesat.

Malaysia mendapatkan kans lewat sepakan bebas pada menit 18. Tapi, eksekusi M. Azman masih bisa masih bisa diblok Ravi Murdianto, yang beberapa saat kemudian juga mampu memblok bola rebound.

Selepas itu, Timnas U-19 yang lebih banyak tertekan, meskipun dari sisi peluang, kedua tim mampu menciptakan jumlah peluang yang berimbang, dan semua peluang itu juga gagal dikonversi menjadi gol. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pertandingan juga berlangsung dalam tempo cepat dengan pressing ketat dari kedua tim atas lawannya. Tapi, dari sisi peluang, Timnas U-19 mampu menciptkannya jauh lebih banyak dibandingkan Malaysia U-21.

Tiga menit usai restart, timnas U-19 mendapatkan kans. Muchlis Hadi bisa melewati bek tim ‘Harimau Muda’ di sisi kanan kotak penalti, lalu bisa melepaskan sepakan kaki kiri yang masih menyamping.

Timnas U-19 nyaris menjebol gawang Malaysia di menit 51. Paolo melakukan penetrasi dari sayap kiri, dan memberikan umpan ke tengah kotak penalti. Eksekusi Evan Dimas masih bisa diblok Amrullah.

Muchlis gagal memanfaatkan peluang emas di menit 58. Tinggal berhadapan dengan Amrullah menyambut bola sodoran Evan Dimas, bola tendangan Muchlis masih menyamping.

Evan Dimas juga gagal memanfaatkan peluang mencetak gol di menit 60. Amrullah menepis sepakan keras dari dalam kotak penalti yang dilakukan oleh kapten timnas U-19 itu.

Hansamu Yanma melakukan percobaan di menit 66. Tapi, eksekusi tendangan bebasnya masih bisa diantisipasi oleh Amrullah.

Tujuh menit berselang, Ilham Udin juga gagal membobol gawang Malaysia. Umpan silang Evan Dimas gagal dia sontek menjadi gol.

Amrullah kembali membuat penyelamatan di menit 77. Sepakan Fatchu Rohman masih bisa diblok. Bola rebound yang berhasil disambar pemain nomor punggung lima itu melayang.

Delapan menit berselang, giliran Dimas Drajat yang gagal memanfaatkan peluang. Sontekan tumitnya meneruskan umpan Evan Dimas masih menyamping.

Hingga pertandingan selesai tak ada gol tercipta. Timnas U-19 dan Malaysia sama-sama mengoleksi satu angka.

Laga Grup B lainnya antara Vietnam melawan Singapura, dan Brunei Darussalam versus Kamboja baru akan berlangsung, Sabtu (9/8/2014).

Selanjutnya, Indonesia akan bertanding Senin, 11 Agustus pukul 19.15 WIB melawan Brunei Darussalam. Sedangkan Rabu, 13 Agustus pukul 15.00 WIB  Indonesia akan melawan Vietnam; Sabtu, 16 Agustus pukul 15.00 WIB, Indonesia melawan Kamboja; dan terakhir, Senin, 18 Agustus pukul 15.00 WIB,  Indonesia akan melawan Singapura.

Turnamen Hassanal Bolkiah Trophy terbagi menjadi dua grup. Grup A terdiri dari Myanmar, Thailand, Laos, Timor Leste, dan Filipina. Sedangkan Grup B diisi tuan rumah Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Hampir semua negara peserta turnamen HBT 2014 mengirimkan Timnas U-21 kecuali Thailand dan Vietnam yang mengutus Timnas U-20, serta Indonesia yang mengirimkan Timnas U-19. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL