palestinaTernate, LiputanIslam.com, –Timnas U-19 saat ini menjadi idola rakyat Indonesia. Anak-anak muda yang sarat dengan prestasi sekaligus mampu menampilkan permainan sepakbola atraktif itu juga ikut menunjukkan solidaritas mereka kepada penderitaan rakyat Palestina. Solidaritas itu ditunjukkan dengan sumbangan sebesar 10% dari harga tiket untuk laga Timnas U-19 melawan Persiter Ternate U-21 yang digelar Selasa malam (22/7).

Inisiatif ini awalnya berasal dari pihak Persiter yang bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara pertandingan. Sekretaris Umum Persiter Hasby Yusup menyatakan bahwa keputusan itu sudah dibicarakan dan disepakati dengan panita dan direktur pengelola Persiter ditambah dengan pihak manajemen tim Persiter.

Menurutnya, inisiatif untuk mendonasikan sebagian hasil penjualan tiket tersebut kepada rakyat Palestina merupakan langkah posisiti yang dilakukan pengurus di bulan suci Ramadan. Ini menegaskan sikap insan pecinta sepakbola di Ternate yang memaknai sepakbola bukan saja kompetisi antar pemain dalam lapangan untuk memperebut prestasi, namun juga memiliki makna kemanusiaan yang fundamental, pemersatu perbedaan, anti rasisme serta memiliki keterpanggilan kemanusian.

Bersamaan dengan mengganasnya brutalitas Zionis Israel atas rakyat tertindas Palestina di kawasan Jalur Gaza, berbagai bentuk solidaritas ditunjukkan oleh banyak pihak. Jumat (25/7/2014) kaum Muslimin dunia dipanggil untuk melakukan demo Jumat terakhir Ramadhan yang dikenal sebagai Hari Al-Quds Internasional

Timnas U-19 Raih Kemenangan

Dalam laga tersebut, Timnas U-19 akhirnya berhasil menundukkan lawannya dengan skor tipis 2-1. Kedua golTimnas U-19 diborong gelandang Evan Dimas Darmono. Sedangkan gol Persiter dicetak Didiwanto Ismail.

Persiter tampil penuh percaya diri.Hasilnya, pada menit ke-4, Persiter berhasil merobek gawang timnas PSSI U-19 yang dikawal Ravi Murdianto melalui sundulan Didiwanto Ismail memanfaatkan tendangan sudut.

Berhasil unggul, Persiter mengintensifkan serangan balik melalui kaki Jali Ibrahim dari sektor kiri gawang timnas U-19. Namun, rapatnya pertahanan timnas U-19 dan mengandalkan permainan apik Evan Dimas sebagai jenderal lapangan, membuat permainan cantik anak-anak Persiter kedodoran.

Terbukti, di menit 35 melalui kemelut di gawang Persiter, Evan Dimas berhasil memperdayai kiper Persiter dan berhasil mencetak gol dan merubah skor imbang 1-1 dan hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama, skor tetap tak berubah.

Di babak kedua, anak asuh Indra Sjafrie berinisiatif menyerang dan menguasai laga yang disaksikan puluhan ribu pasang mata.

Bermodalkan pengalaman, akhirnya di menit akhir injury time Timnas U-19 tahun melalui pemain terbaiknya Evan Dimas mampu menjebol gawang Persiter dan membawa Timnas menang atas Persiter dengan skor 2-1 hingga wasit meniup peluit panjang babak kedua berakhir.

Usai melangsungkan uji coba ini, Timnas U19 akan diliburkan. Mereka baru akan kembali berkumpul pada awal Agustus, beberapa hari sebelum mereka berlaga pada Turnamen Cotif di Valencia, Spanyol, Spanyol, 10-20 Agustus mendatang.Di turnamen tersebut, timnas U-19 tergabung dengan tim junior Barcelona, timnas Argentina U-20, Mauritania U20, dan Arab Saudi U-20. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL