panahaJakarta, LiputanIslam.com– Chef de Mission kontingen Indonesia, Raja Sapta Oktohari, yakin cabang panahan akan rebut medali di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

“Harapan saya besar terhadap atlet ini. Kami cukup optimistis cabang panahan bisa dapat medali di Olimpiade, di tiga nomor yang mereka ikuti,” kata Oktohari, usai melakukan kunjungan ke pelatnas panahan di Senayan, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Indonesia meloloskan empat atletnya di cabang panahan. Mereka adalah Ika Yuliana Rochmawati (nomor recurve perorangan putri), Riau Ega Agatha Salsabila (recurve perorangan putra), dan trio Riau Ega Agata Salsabila, M. Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama (recurve beregu putra).

Ketiganya memastikan tiket ke OLimpiade setelah merebut medali emas pada Kejuaraaan Dunia Panahan 2016 di Antalya Archery Club Field, Turki. Mereka sukses setelah mengalahkan Prancis dengan skor 6-0 di babak final.

“Mereka sudah juara dunia. Artinya, event-nya kan hampir sama. Cuma sekali lagi, panahan ini ‘kan olahraga yang tidak menghindari dari campur tangan Tuhan. Sudah akurasi, sudah presisi, tiba-tiba petir, (semua) bisa berubah,” tambah dia.

Cabang panahan akan dipertandingan pada 6-12 Agutus. Berdasarkan ramalan cuaca, pada hari pertama pertandingan cuaca Rio de Janeiro di siang hari akan sedikit hujan dan malam hari badai petir. Sedangkan dua hari berikutnya, kondisi bakal cerah, kemudian pada 9 Agustus kondisi di sana akan hujan singkat disertai badai petir.

“Tetapi saya bilang kepada mereka (atlet panahan), kalau hujan show must go on. Ini akan menjadi tantangan bukan untuk mereka saja, tetapi semua atlet karena kalau hujan persiapannya pasti akan beda lagi,” ungkapnya.

“Sudah, sudah latihan juga dalam kondisi hujan,” jawab Ika, usai ditanya Okto terkait persiapannya.

Sebaliknya, untuk masalah angin, Okto justru tidak mengkhawatirkannya. Sebab, lokasi perhelatan cabang panahan yang jauh dari pantai, serta diapit oleh gedung-gedung tinggi. (ra/detiksport)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL