rioJakarta, LiputanIslam.com — Pebalap Indonesia Rio Haryanto sampai saat ini nasibnya masih menggantung di Formula 1. Bahkan, manajer Rio, Piers Hunnisett, pun tidak bisa memberikan kepastian.

Kondisi ini terbilang ironis mengingat fan Manor menyebut performa Rio sudah terbilang bagus musim ini. Apalagi, jika mengingat status Manor yang bukan tim raksasa seperti Mercedes, Red Bull, ataupun Ferrari.

Menurut mereka Rio pantas bertahan dengan sejumlah alasan, di antaranya adalah perfoma Rio yang terus beranjak dari debut pertamanya di Melbourne. Bahkan beberapa kali dia mampu mengungguli Pascal Wehrlein. Selain itu, sebagai pay driver, Rio juga sudah memberikan uang yang cukup banyak buat tim. Tim asal Inggris itu juga memastikan tidak ingin menggantikan posisi Rio dengan pebalap lain.

“Kami memang memiliki pebalap cadangan untuk tim, yaitu Alexander Rossi dan Jordan King. Salah satunya mungkin bisa dibilang lebih cepat dari Rio, namun Rossi saat ini sudah berada di Indy Car, selain itu sumber dekat Rossi juga telah melaporkan bahwa peluangnya di F1 musim ini sangat tipis. Sementara, King masih memiliki komitmen di GP2 dan kami tahu dia memiliki uang.”

“Ya, mungkin kita akan melihat salah satu dari mereka masuk dalam tim pada saat GP AS. Tapi untuk Rio, dalam waktu dekatt ini tidak pelu khawatir,” seperti yang tertulis dalam manorracingfanblog.com.

Menanggapi hal tersebut, manajemen Rio tidak terlalu ingin banyak berkomentar. “Kita lihat saja setelah Budapest, belum ada keputusan apa-apa,” ujar Piers, Jumat (15/7/2016).

Untuk diketahui, Rio bisa mengikuti satu musim setelah mencapai kesepakatan untuk membayar satu kursi balap sebesar 15 juta euro. Namun, itu tidak bersifat kaku. Karena pada akhirnya Manor memberi kelonggaran kepada pihak Rio terkait pembayaran yang bisa dibagi menjadi dua termin. Satu termin balapan terdiri dari setengah musim dengan bayaran 7,5 juta euro, begitu juga untuk setengah musim berikutnya.

Saat ini Rio baru membayarkan satu kursi balap kepada Manor sebesar 8 juta euro; dengan rincian 5 juta euro dari Pertamina –selaku sponsor Rio–, sementara 3 juta euro dari pihak Kiky Sport. Namun, bukan itu yang menjadi pokok persoalan dari Manor. Melainkan terkait konfirmasi kelanjutan balapan Rio di setengah musim berikutnya.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, sendiri bisa saja memberikan konfirmasi untuk melanjutkan balapan setengah musim sisanya. Namun hingga kini ia belum mendapatkan sponsor yang bisa membantu sisa pembayaran tersebut.

“Belum (konfirmasi ke Manor), karena belum ada sponsor lagi. Kita tunggu sampai race Hongaria tanggal 22-24 Juli. Siapa tahu ada yang tergerak untuk memberikan kerjasama sponsorship,” kata Indah, Senin lalu. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL