algeria-0Aljir, LiputanIslam.com, –Prestasi membanggakan timnas Aljazair dalam mencetak sejarah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dipersembahkan juga untuk warga Gaza, Palestina. Salah satu bentuk persembahan itu adalah donasi atas hadiah yang mereka dapatkan dari Piala Dunia itu untuk warga Gaza.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, untuk pertama kalinya Aljazair lolos ke babak 16 besar. Langkah mereka terhenti di babak perdelapan final itu dikalahkan tim kuat Jerman 1-2 lewat extra time. Meski kalah, laga itu sudah cukup membuat tim berjuluk “Rubah Padang Pasir” itu bangga. Tim Jerman dipaksa bertarung ketat menghadapi perlawanan gigih Aljazair.

Atas keberhasilan tersebut, para punggawa Aljazairdisambut bak pahlawan oleh warga Aljazair. Sejak dari bandara hingga jalanan para suporter menyanyikan chants dan pujian kepada skuat asuhan pelatih Vahid Halilhodzic. Mereka juga meneriakkan yel-yel “Allahu akbar, Halilhodzic”. Dalam pawai tersebut, sempat terekam kamera, bagaimana sesekali bendera Palestina ikut dikibarkan oleh para pemain Aljazir.

algeriaSebagai tim yang berhasil mencapai babak 16 besar, Aljazair juga membawa pulang hadiah uang dari FIFA sebesar 9 juta dolar AS, atau sekitar Rp 107 miliar.

Tapi, bukannya diterima dan dibagi-bagikan ke pemain atau pengurus federasi sepakbola, para pemain Aljazair sepakat mendonasikan uang itu kepada warga Gaza, yang hingga kini masih dalam kondisi memprihatinkan, akibat kekejaman Zionis Israel. “Mereka lebih membutuhkan daripada kami,” ucap striker Aljazair Islam Slimani, sebagaimana dikutip Daily Mail.

Situasi di Gaza dalam beberapa hari terakhir ini memang sangat memprihatinkan. Jet tempur Rezim Zionis itu kembali menebar bom di sejumlah wilayah Jalur Gaza Kamis (3/7/2014) dini hari waktu setempat, mengakibatkan 11 warga Palestina cedera, satu di antaranya parah. Tujuh di antara para korban itu adalah perempuan lansia dan satu gadis warga kota Beit Lahia. Mereka dilarikan ke Rumah Sakit Kamal Adwan di bagian utara Jalur Gaza. Sedangkan empat korban lainnya adalah warga kota Gaza. Mereka dilarikan ke Rumah Sakit al-Shifa’ di kota Gaza.

Otoritas keamanan Palestina mengatakan bahwa jet tempur Israel jenis F-16 telah melancarkan sedikitnya 12 kali serangan ke sejumlah lokasi di Beit Lahia dan Beit Hanun di bagian utara Jalur Gaza serta di Gaza dan Rafah di bagian selatan Jalur Gaza. Sasaran yang diserang adalah posisi faksi-faksi pejuang Palestina.

Israel menggalakkan aksi serangan sejak lebih dari dua pekan silam, yaitu sejak kasus penculikan tiga pemuda Yahudi yang akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa. Israel menuduh Hamas berada di balik aksi penculikan dan pembunuhan itu, namun Hamas membantah.

Belum lama ini warga Israel juga membalas kasus penculikan itu dengan menculik dan membunuh seorang remaja Palestina di Baitul Maqdis. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL