1002272_heroa

Yunani, LiputanIslam.com – Kerusuhan kerap kali terjadi ketika penonton dikecewakan dalam pertandingan sepakbola. Faktornya adalah ketidakpuasan terhadap pengadil lapangan, kekalahan tim favoritnya hingga saling ejek antar supporter. Semua bisa menjadi pemicu sebuah kerusuhan yang berakibat pada kerusakan fasilitas umum. Hal tersebut tentu saja merugikan banyak pihak.

Pemerintah Yunani memutuskan untuk menghentikan kompetisi tertinggi sepakbola profesional dengan batas waktu yang tidak ditentukan sebagai buntut kerusuhan penonton yang terjadi dalam laga panas antara Panathinaikos dan Olympiakos di Stadion Apostolos Nikolaidis, Minggu (22/2) lalu. Pertemuan kedua tim kerap disebut sebagai “Derby Musuh Abadi” dan menjadi salah satu persaingan terpanas di Eropa.

Panathinaikos menang 2-1 sekaligus mempertipis jarak menjadi tiga poin dari Olympiakos yang menguasai puncak klasemen. Sayangnya, pertandingan diwarnai kericuhan. Penonton tuan rumah melempar kursi dan suar ke ofisial tim lawan, seperti dilansir dari goal.com

Rapat eksekutif segera digelar Selasa lalu antarpengurus kedua tim, tetapi tidak membuahkan hasil positif. Bahkan pengurus Panathinaikos Vassilis Constantinou keluar ruangan pertemuan sambil memegang bibir bawahnya. Kepada wartawan dia mengaku dipukul seorang petugas keamanan Olympiakos.

Aksi ini mendorong Pemerintah Yunani mengambil langkah tegas. Tiga kasta tertinggi kompetisi sepakbola negara itu dihentikan hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Ini kali ketiga seluruh agenda kompetisi dihentikan sepanjang tahun ini. September lalu, seorang fans tewas dalam pertikaian suporter klub divisi tiga. Dua bulan berselang, asisten direktur komisi wasit mendapat serangan.

Dilansir AP, wakil menteri olahraga Yunani Stavros Kontonis mengatakan liga takkan diselenggarakan musim depan kecuali seluruh 18 klub menerapkan sistem tiket berbasis kartu pintar (smart-card) dan pengamanan melalui kamera di setiap stadion.

Pemerintah Yunani dikendalikan partai yang baru berkuasa, Syriza, dan mereka berniat mengatasi masalah yang melanda sepakbola Yunani.

“Kami diinformasikan bahwa Liga Super dan Football League dihentikan tanpa batas waktu,” ujar presiden Liga Super Giorgos Borovilos dilansir BBC.

“Kami memiliki pemerintahan baru yang berkeinginan mendiskusikan masalah ini dan memberlakukan penegakan hukum negara.”

“Pemerintah ingin agar liga segera dimulai lagi, tapi mereka ingin melihat reaksi cepat dari seluruh klub peserta liga.”

Kericuhan itu terekam dan dipublikasikan melalui akun YouTube ini. (fie/goal)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL