timnas-u-19-05Bandung, LiputanIslam.com, — Rentetan kemenangan Pasukan Garuda Muda dalam tur Nusantara Jilid II terhenti di Stadion Siliwangi Bandung. Dua gol yang terjadi pada injury time babak kedua membuat pertandingan Timnas U-19 dan Tim Pra-PON Jawa Barat berbagi skor imbang 1-1 pada pertandingan uji coba yang digelar Jumat malam (27/6/2014).

Seperti yang dilansir kabar24.com, pada babak pertama, skuat asuhan pelatih Indra Sjafri betul-betul mendominasi jalannya pertandingan, sementara tuan rumah hanya mengandalkan serangan balik yang beberapa kali juga terhenti akibat kesalahan sendiri.

Indra langsung menurunkan dua pengatur serangan sekaligus breaker yakni Evan Dimas Darmono dan Paulo Oktavianus Sitanggang. Ditambah dengan Maldini Pali di sektor sayap, serangan terus dibangun oleh para pemain Garuda Jaya.

Namun, Maldini digantikan oleh Septian David Maulana saat pertandingan yang dipimpin wasit Hadiyana dari Bekasi baru memasuki menit ke-10 karena cedera. Septian David ternyata cukup mampu menggantikan peran Maldini dengan beberapa kali menerobos kotak penalti.

Pada menit ke-24 tendangan dari dalam kotak penalti dari Septian David masih dapat ditangkap oleh kiper Tim PON Jabar Gustaman Noor.

Serangan balik Tim PON Jabar juga sempat membahayakan gawang Timnas U-19 terutama dua kali akibat kesalahan antisipasi oleh kiper Dicky Indrayana, sehingga serbuan Rizky Alam, Heri Susanto, dan Finsen nyaris menjebol gawangnya.

Pada menit ke-60 kiper Gustaman berhasil menahan dua serbuan sekaligus dari Evan Dimas dan Septian David. Sebaliknya pada menit ke-70 tendangan bebas Rizky Alam tipis saja di sisi kiri atas tiang gawang Timnas U-19.

Gol akhirnya datang di menit pertama injury time.Evan Dimas melakukan aksi individu dengan membawa bola melewati dua pemain belakang Tim PON Jabar sebelum melepas bola silang yang tidak terlalu keras tetapi terarah ke sudut kanan gawang Gustaman.

Berselang dua menit kemudian Tim PON Jabar berhasil menyamakan skor lewat tendangan bebas Erwin Ramdani yang mendatar mengarah ke sudut kiri bawah gawang Dicky Indrayana.

Dengan hasil ini, rentetan kemenangan Timnas U-19 terhenti. Sebelumnya, dalam rangkaian laga Tur Nusantara jilid II, Timnas U-19 membukukan empat kemenangan beruntun.

Pada laga pertama, skuat asuhan Indra Sjafri menundukkan Tim Pra-PON Aceh dengan skor telak 4-0.Tim Pra-PON Riau, Semen Padang FC U-21,dan Sriwijaya FC U-21 juga digilas masing-masing dengan skor 4-0, 1-0 dan 2-1.

Secara keseluruhan, laga kontra Pra-PON Jabar tersebut menjadi uji coba ke-28 timnas U-19 dalam persiapannya menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar pada Oktober. Hasil yang sangat positif diraih oleh pasukan Garuda Muda. Dari 27 pertandingan yang sudah digelar, mereka baru menelan dua kekalahan. Sisanya berakhir dengan 20 kemenangan dan enam kali imbang. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL