qnbleagueJakarta, LiputanIslam.com –Nama QNB tiba-tiba saja mencuat di dunia sepakbola Indonesia. Nama secara resmi menjadi nama resmi liga sepakbola nasional: QNB League. Namun, banyak penggemar sepakbola yang tidak tahu, perusahaan apa QNB itu.

Selama ini, perusahaan yang menjadi sponsor utama liga profesional sepakbola Indonesia biasanya perusahaan rokok nasional. Selain itu, nama QNB juga mencuat hanya sehari sebelum kick-off Liga Indonesia 2015, tepatnya pada hari Jumat (3/4/2015). Sebagaimana yang dilansir detik.com, PT Liga Indonesia melalui situs resminya saat itu mengumumkan berita besar. Indonesia Super League berubah nama menjadi QNB League seiring tercapainya kesepakatan sponsorship PT Liga Indonesia dengan QNB Group.

Jadi, perusahaan apa QNB itu? Jawabannya disampaikan oleh Hari Widodo, Presiden Direktur BV Sports, di situs resmi Liga Indonesia saat mengumumkan kesepakatan sponsorship tersebut.”QNB atau Qatar National Bank adalah banking brand kelas internasional dengan track record yang sudah terbukti, dalam menunjukkan kepedulian mereka yang tinggi terhadap sepakbola. Bagi ISL untuk memiliki mereka sebagai sponsor ‘Title Partner’ merupakan sebuah kehormatan,” demikian menurut Hari.

Sesuai namanya, QNB adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dan keuangan yang bermarkas di Qatar. Berdiri sejak 1964, 50% saham QNB dimiliki oleh Qatar Investment Authority (milik pemerintah Qatar) sementara 50% sisanya dipunyai sektor swasta. Berada di 26 negara di dunia, QNB menjadi salah satu bank terbesar di Timur Tengah dengan total aset senilai US$ 104,4 miliar.

Di dunia olahraga, khususnya sepakbola, QNB menjadi sponsor Liga Qatar dan Piala Qatar. Dalam beberapa tahun terakhir mereka makin agresif melakukan investasi di Eropa, yang di antaranya mengakuisis Paris Saint Germain pada 2012 lalu.

Sementara di Asia, QNB tahun lalu menandatangani kerjasama dengan AFC untuk menjadi salah satu commercial partner.

QNB akhirnya datang ke sepakbola Indonesia dengan ‘tiba-tiba’ pada akhir pekan lalu, saat PT Liga Indonesia mengumumkan kerjasamanya untuk menjadi sponsor kompetisi untuk durasi tiga tahun ke depan.

PT Liga Indonesia mempublikasikan kesepakatan tersebut melalui situs resminya pada Jumat (3/4/2015) pekan lalu, sekitar 24 jam sebelum kick-off Liga Indonesia 2015. Tidak ada konferensi pers digelar PT Liga Indonesia untuk mengumumkan deal-nya itu.

Kemunculan QNB sebagai sponsor utama Liga Indonesia terkesan mendadak, terlebih kesepakatan tersebut juga mengubah nama resmi kompetisi dari yang sebelumnya ISL menjadi QNB League.

Bahkan situs Bank QNB Indonesia juga tidak memuat kesepakatan yang dicapai dengan PT Liga Indonesia. Saat dikonfirmasi, QNB menyebut kalau mereka memang belum membuat pengumuman resmi terkait deal-nya dengan PT Liga Indonesia.

Menurutcorporate communication Bank QNB Indonesia, Rizki Mahfudz, sejauh ini memang baru joint release yang dilakukan bersama BV Sport sebagai pemegang hak komersial ISL. Tapi memang belum ada pengumuman resmi yang dikeluarkan.

QNB Group sudah hadir di Indonesia sejak 2011 lalu saat mereka membeli saham Bank Kesawan. Ketika proses integrasi Bank Kesawan ke dalam Grup QNB selesai pada 2014 lalu, nama bank tersebut resmi berubah menjadi Bank QNB Indonesia.

Dari Data Perdagangan Bursa, diketahui saat ini Qatar National Bank memiliki saham mayoritas di Bank QNB Indonesia yakni sebesar 82,59%. Sisanya dimiliki publik sebesar 9,81% dan Bosowa Capital sebesar 7,6%.

Khusus Bosowa, mereka sudah akrab dengan Liga Indonesia. Di musim ini perusahaan milik keluarga pengusaha asal Sulawesi Selatan, Aksa Mahmud, yang juga adalah adik ipar wakil presiden RI, Jusuf Kalla itu menjadi sponsor PSM Makassar dan Persipura Jayapura. (farid)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL