starsRio de Janeiro, LiputanIslam.com, –Setelah negaranya kalah dari Portugal dalam babak play-off, bintang sepakbola Swedia Zlatan Ibrahimovic dengan sinis berkata bahwa Piala Dunia 2014 tidak lagi akan menarik tanpa kehadiran dirinya.

Dalam banyak hal, ungkapan Ibrahimovic ini bisa benar adanya. Sampai saat itu, kegagalan dirinya unjuk kebolehan di Brasil sudah semakin melengkapi deretan bintang sepakbola lainnya yang dipastikan absen gara-gara negaranya gagal ke Piala Dunia. Sebut saja Robert Lewandowski (Polandia), Nemanya Vidic dan Branislav Ivanovic (Serbia), David Alaba (Austria), dan tentu saja pemain termahal dunia Gareth Bale (Wales).

Tanpa bintang-bintang ini saja sudah terbayang rasa kehilangan publik sepakbola saat menyaksikan perhelatan akbar olahraga paling populer sejagad ini. Ditambah lagi dengan bintang-bintang yang pada akhirnya divonis tak bisa ikut ke Brasil gara-gara cedera, meskipun negaranya lolos ke Piala Dunia.

Dari 32 negara yang sukses lolos ke Piala Dunia, masih ada cerita pilu dari sejumlah pemain mereka setelah terhantam cedera dalam persiapan.
Bahkan, sejumlah pilar yang cedera adalah pemain-pemain yang merupakan bagian penting dari timnya. Menurut Telegraph , ada sekitar 15 pemain lebih yang harus memendam keinginan tampil di Brasil nanti.

Belanda, Jerman, dan Prancis menjadi tim yang paling banyak kehilangan pemain utama mereka. Die Oranje (julukan timnas Belanda) kehilangan Rafael van der Vaart, karena cedera betis.Van der Vaart menyusul Gregory van der Wiel dan Kevin Strootman yang cedera lutut.

Jerman juga harus kehilangan tiga pemain mereka. Holger Badstuber dan Ilkay Gundogan sebelumnya dipastikan absen, karena masalah ligamen serta punggung. Setelah itu, tanpa diduga, gelandang Marco Reus melengkapi daftar pemain Jerman yang gagal ke Piala Dunia. Ia cedera engkel saat uji coba terakhir melawan Armenia.

RiberyAPrancis tidak ketinggalan kehilangan pemain bintang mereka. Setelah tak bisa diperkuat Clement Grenier dan Steve Mandanda, kini Les Bleus dipastikan tak akan diperkuat Franck Ribery yang tak kunjung sembuh dari cedera punggung.

Perlu diingat, Ribery awal tahun 2014 ini masuk tiga besar nominasi pemain terbaik dunia bersama duo megabintang Cristiano Rolando dan Lionel Messi. Tak sedikit yang meyakini bahwa gelar yang akhirnya disabet Ronaldo itu sebenarnya lebih layak disematkan kepada Ribery.

Tahun 2013, Ribery tampil cemerlang mengantar klub Bayern Munich meraih lima piala mayor: Piala Liga, Kompetisi Buendesliga, Piala Champions Eropa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Spanyol dan Inggris juga kehilangan sejumlah pemain penting. La Furia Roja (julukan timnas Spanyol) terpaksa meninggalkan Victor Valdes dan Thiago Alcantara akibat cedera parah.Sedangkan Three Lions tak bisa menggunakan Theo Walcott, Kyle Walker, serta Andros Townsend.

Negara-negara lain masih lebih beruntung, karena pemainnya yang absen tidak terlalu banyak. Tapi, untuk sejumlah timnas, pemain yang absen merupakan “nyawa” mereka.

Sebut saja Radamel Falcao yang akhirnya memutuskan mundur dari Timnas Kolombia, karena diprediksi belum fit usai cedera panjang pada ligamennya. Begitu juga Riccardo Montolivo yang patah kaki saat membela Italia di uji coba.

Top scorer
Kosta Rika, Alvaro Saborio, juga dipastikan absen karena patah tulang metatarsal. Sementara itu, Jepang harus kehilangan kapten mereka, Makoto Hasebe, yang dalam proses pemulihan cedera lutut.

Sementara itu, Kroasia harus kehilangan Niko Kranjcar karena cedera hamstring saat membawa Queens Park Rangers promosi ke Premier League. Lalu, Meksiko dan Portugal dipastikan tanpa Luis Montes serta bintang muda, Bruma, di Brasil nanti.

Kita tentu berharap jangan ada lagi bintang sepakbola yang cedera. Karena jika demikian, Piala Dunia kali ini akan betul-betul minim bintang. Sayangnya, ancaman itu betul-betul nyata di depan mata.

Pemain terbaik dunia Ronaldo hingga sekarang masih belum betul-betul dinyatakan fit. Ia mengalami cedera misterius di dua titik kakinya. Bintang Uruguay Luis Suares juga disebut-sebut masih menjalani proses penyembuhan. Striker Spanyol Diego Costa juga berada dalam kondisi serupa.

Jangan juga lupa Messi dan Neymar. Meskipun keduanya saat ini dinyatakan dalam kondisi fit, tapi fakta menunjukkan bahwa sepanjang musim 2013/2014 saat membela Barcelona, Messi dan Neymar bergantian masuk ke ruang perawatan akibat cedera. Keduanya tidak menjalani musim dengan sempurna. (by/dari berbagai sumber)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL