antara

antara

Sidoarjo, LiputanIslam.com – Timnas U-23 kalah telak dalam laga uji coba melawan Suriah dengan skor 0-3 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Tiga gol itu dijebloskan Yousef Kalfa nomor punggung 8 pada menit ke-11, dan dua gol lainnya diciptakan oleh Wesah Diam Agha pada menit ke-70.

Pelatih Tim Nasional Indonesia usia di bawah 23 tahun (U-23), Aji Santoso beralasan bahwa Timnas Suriah berada satu tingkat di atas timnya. Sebab, anak asuhnya itu masih relatif baru dalam bermain dalam sebuah tim. “Kita memang kalah tingkat, mereka itu satu tingkat di atas kita,” kata Aji saat jumpa pers usai laga uji coba international di stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu petang, 14 Februari 2015.

Sementara timnas Suriah, kata dia, merupakan tim yang sudah matang, baik dalam kerja sama secara tim maupun dalam pengalaman bermain. Selain itu, secara fisik dan postur tubuh pemain kita kalah. “Namun, ini hanya uji coba, bukan menjadi target kami, target kami adalah kualifikasi Piala Asia,” ujarnya, seperti dilansir dari tempo.co.

Berdasarkan analisisnya, anak asuhnya itu sudah bermain optimal dalam pertandingan kedua ini sehingga timnas Suriah sempat keteteran pada babak pertama. Meski pada saat itu timnas harus kecolongan satu gol. “Pada babak pertama, anak-anak masih bermain baik, sehingga lawan juga merasa kesulitan,” kata dia.

Namun setelah kebobolan dua gol, kata Aji, mental anak asuhnya itu melemah dan permainan mulai menurun. Terlebih lagi ketika Manahati yang menjadi salah satu pilar terkuat di lini belakang cedera, pertahanan di lini belakang timnas semakin terpuruk. “Padahal, jika Hansamu digandeng dengan Manahati, menjadi benteng yang sangat kuat di lini belakang timnas,” kata dia.

Menurut Aji, anak asuhnya itu butuh waktu untuk adaptasi antar-pemain demi terciptanya kekompakan tim. Alasannya, banyak pemain timnas yang relatif baru bergabung dan belum menyesuaikan dengan pemain lain. “Tapi saya sangat mengapresiasi permainan yang ditampilkan anak-anak pada pertandingan kali ini,” ujarnya. (fie/tempo.co)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL