pembalapSuzuka, LiputanIslam.com – Dua pebalap Indonesia asal Astra Honda Racing Team, Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens, raih kemenangan di balapan debut mereka di Suzuka 4 Hours Endurance Race.

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (30/7/2016) siang waktu setempat, Irfan (16 tahun) dan Rheza (17 tahun) tampil luar biasa meski ini adalah balapan perdana mereka di ajang tersebut.

Bersaing dengan 110 pebalap dari negara lain, Irfan serta Rheza yang menunggangi CBR 600RR menuntaskan balapan selama 100 lap dalam waktu 4jam 1 menit 30,355 detik dengan empat kali pergantian balapan.

Keberhasilan juara ini menyempurnakan pole position yang direbut kedua pebalap sehari sebelumnya di sesi kualifikasi Sesuai tradisi balapan ketahanan ini, para pebalap diharuskan berlari menuju motornya

Irfan jadi pebalap pertama langsung membukukan catatan waktu tercepat 2’17.938 menit. Pada awal balapan, pebalap asal Semarang ini sempat turun ke posisi ketiga. Irfan terus memperbaiki catatan waktu balapnya dan pada lap ke-9 berhasil naik ke posisi kedua dengan jarak hanya 0,295 detik dari pebalap terdepan.

Pergantian pebalap pun dilakukan setiap 20 lap dengan pengisian bahan bakar yang tercatat mampu diselesaikan tim mekanik handal AHRT hanya dalam waktu 11 detik. Pada lap ke-58, pebalap AHRT tampil paling unggul dan menyodok hingga posisi terdepan dari 60 tim balap lintas negara yang bertanding.

Sepanjang jalannya balapan, banyak pebalap-pebalap di barisan terdepan terjatuh. Namun Irfan dan Rheza tampil stabil dan terus mempertajam jarak hingga mencapai 24,766 detik dari para pesaing.

Posisi terdepan terus diamankan Irfan dan Rheza secara bergantian hingga berakhirnya balapan.

“Kami senang sekali dapat memenangkan balapan ini mengingat baru pertama kali kami ikut balapan ini di Suzuka. Sirkuit Suzuka ini cukup menantang. Kami harus cepat menyesuaikan diri dengan kendala teknis di sirkuit ini. Alhamdulillah, Akhirnya kami berhasil keluar sebagai juara pertama,” ujar Irfan usai balapan.

“Setelah pebalap terdepan berjatuhan, strategi kami hanya berusaha tenang dan menjaga catatan waktu kami. Kami juga dibimbing strategi yang bagus dari tim Astra Honda Racing Team dan dukungan mekanik yang tangguh,” tutur Rheza dalam kesempatan yang sama.

Kemenangan ini disaksikan langsung oleh President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma dan Marketing Director AHM Margono Tanuwijaya yang turut hadir memberi semangat untuk para pebalap AHRT di sirkuit Suzuka, Jepang.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat memenangkan kejuaraan balap ini bersama para pebalap muda berbakat Indonesia. Saya berharap semakin banyak pebalap Indonesia yang mengikuti jejak balap pebalap-pebalap ini sehingga semangat balap di Indonesia dapat semakin kuat,” tutur Toshiyuki.

Irfan dan Rheza merupakan pebalap binaan AHM yang dibina sejak dini. Kedua pebalap mampu menunjukkan hasil pembinaan tersebut setelah teruji menjadi yang terbaik dalam balapan sejauh 580 km selama 4 jam ini.

“Kemenangan ini sangat membanggakan buat Indonesia. Pertama, keduanya masih sangat muda. Selain itu, semua crew team AHRT juga merupakan putra bangsa yang didatangkan langsung dari Indonesia untuk mendukung kesuksesan balapan ini,” timpal Margono. (ra/detiksport)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL