lilyanajjangJakarta, LiputanIslam.com– Tim bulutangkis Indonesia sukses meraih satu medali emas di Olimpiade 2016. Keberhasilan yang diraih Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir itu belum memuaskan PBSI.

Tontowi/Liliyana merebut emas di nomor ganda campuran cabang olahraga bulutangkis. Mengalahkan Zhang Nan/Zhao Yunlei, mereka mengembalikan tradisi emas olimpiade dari cabor bulutangkis, yang sempat terputus di Olimpiade 2012 di London.

PBSI mengaku bangga dengan torehan tersebut, kendati belum sepenuhnya puas. Hal itu seperti diungkapkan wakil Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto. Target mereka sejak awal adalah dua medali.

“Secara over all sebenarnya kami tidak terlalu puas karena kami menargetkan dua medali. Jenisnya apa kami tidak menentukan. Bisa dua medali emas, atau satu emas dengan satu medali perak,” kata Budiharto, Senin (22/8/2016).

Budi bilang bahwa hasil ini memang mengejutkan. Tersingkirnya Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, menjadi salah satu penyebab perhitungan yang meleset.

“Secara mental mereka siap, sangat siap. Cuma karena terlalu exciting jadi perfoma mereka tidak keluar. Tapi itulah misteri Olimpiade,” ungkap Budi.

“Begitu juga dengan hasil ganda putri, paling tidak dapat medali perunggu. Tetapi di pertandingan kemarin yang terakhir tidak bisa teratasi baik, permainan mereka tidak berkembang. Padahal persiapan fisik mereka baik. Tapi itulah permainan. Sudah berjalan tetapi (hanya) sampai 80 persen,” tambah dia.

Lebih lanjut lagi, Budi juga mengomentari nomor tunggal putri. Di sana, ada Linda Wenifanetri. Linda dinilai tampil di bawah rata-rata hingga gagal lolos grup.

“Penampilannya di bawah perfoma. Terutama saat bertemu Vu Thị Trang. Dia sama sekali tidak berkembang, Linda mengalami demam panggung. Sebaliknya saat bertemu pemain Jepang dia bisa bermain. Kami tahu lawannya (Vu Thị Trang) itu mainnya cepat sekali, sementara kemampuan Linda tidak bisa bermain dengan kecepatan seperti itu,” Budi imbuhnya. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL