ozilJakarta, LiputanIslam.com, –Mata Mesut Ozil, bintang sepakbola Jerman, berkaca-kaca menyaksikan foto jenazah bocah Palestina itu. Bocah yang berusia sekitar lima tahun tersebut adalah satu di antara ribuan bocah Palestina yang menjadi korban kebiadaban serdadu Zionis Israel.

Yang membuat Ozil bersedih adalah pakaian yang dikenakan si bocah. Saat meregang nyawa akibat terkena serpihan bom, bocah itu sedang bermain sepakbola sambil mengenakan pakaian olahraga Real Madrid dengan nomor punggung 23. Rupanya, si bocah adalah fans berat pemilik nomor punggung 23 yang tiada lain adalah seorang bintang Muslim bernama Mesut Ozil.

Segera saja Ozil mengunggah foto itu di akun instagram milikny. “R.I.P. to all the innocent victims. I’m praying for you. Free Gaza, free Palestine,” tulis Ozil terkait foto tersebut.

Peristiwa itu terjadi tahun 2012, saat Ozil masih berseragam Real Madrid. Saat itu, memang sedang terjadi pembantaian yang dilakukan serdadu Zionis terhadap warga Palestina di Jalur Gaza. Keganasan Zionis betul-betul mengusik nurani banyak pihak di dunia, termasuk para pesepakbola.

Selain Ozil, berderet-deret bintang sepakbola dunia lainnya yang diketahui secara terang-terangan menunjukkan solidaritasnya terhadap Palestina. Bintang Portugal yang hingga kini masih bermain untuk Real Madrid, Cristiano Ronaldo,pernah menyumbangkan dana Rp19 miliar untuk pembangunan sekolah di Gaza. Dana tersebut didapat dari uang hasil lelang sepatu emas miliknya.

CR7 (julukan Ronaldo) juga pernah secara langsung berkunjung ke Palestina dan menyaksikan penderitaan warga setempat.

Selain itu, CR7 pernah melakukan aksi protes terhadap Israel. Dia menolak bertukar kostum dengan pemain Israel. Kala itu, Timnas Portugal melawan Israel dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia Grup F. Di akhir pertandingan, pemain Israel mendekati Ronaldo untuk bertukar kostum, namun ia tidak mengindahkan pemain Israel tersebut.

Rival Ronaldo saat ini, yaitu bintang sepakbola asal Argentina, Lionel Messi, juga punya sikap serupa dengan sang rival. Kedua bintang ini memang sering dibanding-bandingkan dalam hal predikat pemain terbaik dunia saat ini.

Perlu diketahui, dalam enam tahun terakhir ini, gelar pemain terbaik dunia hanya menjadi perebutan di antara dua pemain ini. Tahun 2009 gelar tersebut digenggam CR7. Tahun 2010 hingga 2013, empat kali berturut-turut giliran Messi yang menyabetnya. Tahun 2014 ini, Ronaldo kembali naik takhta.

Bersaing di dunia sepakbola, keduanya tetap punya sikap sama terhadap Palestina. Messi juga menyatakan bentuk dukungan kepada Palestina. Messi pernah memamerkan foto dirinya saat memegang kostum bertuliskan Free Palestina (bebaskan Palestina). Bersama rekan-rekan di klub Barcelona, Messi juga pernah menjalani tur perdamaian di Palestina, Agustus 2013.

maradonaKompatriot Messi, Diego Armando Maradona, punya sikap yang lebih tegas dan jelas terkait dengan Palestina. Legenda hidup sepak bola asal Argentina itu, mengatakan bahwa dirinya adalah “The biggest fan and supporter of the Palestinian people”.

Ia juga menyatakan dirinya sangat respek terhadap rakyat Palestina, sembari mengatakan bahwa ia juga “bersimpati dengan mereka dan berpikir bahwa mereka membutuhkan dukungan setiap orang.”

Pada bulan Agustus 2012, bintang sepak bola Argentina ini menerima syal hitam-putih-hijau Palestina dari penggemarnya. Dia memeluk fansnya itu dan mengucapkan terima kasih, sebelum memberikan tanda kemenangan dan berkata ke arah kamera “Viva Palestina.”

“Saya telah berjanji kepada anggota tim nasional Palestina akan mengunjungi Palestina. Saya mendukung masalah rakyat Palestina karena saya dibesarkan sepenuhnya dari perjuangan serta menyadari perjuangan dan konfrontasi ketidakadilan. Palestina adalah negara yang sedang berjuang,” katanya.

Kini, Gaza kembali membara. Parade solidaritas untuk warga Palestina juga kembali mengemuka. Para pemain sepakbola Aljazair telah menyumbangkan seluruh hadiah atas prestasi mereka di Piala Dunia untuk warga Gaza. Di Indonesia, kelompok pendukung klub sepakbola, yaitu Viking (Persib Bandung), Bonek (Persebaya Surabaya), dan Aremania (Arema Cronus), juga sudah mengekspresikan dukungan dengan berbagai cara.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh kaum Muslimin untuk menunjukkan solidaritasnya atas penderitaan rakyat Palestina. Salah satunya adalah dengan mengikuti acara Hari Al-Quds (Yaumul Quds) Jumat ini. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL