obor asian gamesIncheon, LiputanIslam.com—Setelah berlangsung selama 16 hari, Asian Games ke-17 Incheon, Korea Selatan, akhirnya ditutup. Even empat tahunan yang diikuti oleh sekitar 14 ribu atlet dari 45 negara itu ditutup di Incheon Asian Main Stadium. Dalam acara penutupan, obor Asian Games diserahkan kepada delegasi Indonesia sebagai simbol bahwa Asian Games ke-18 akan berlangsung di Indonesia.

Seperti dilaporkan Detik.com, dalam upacara penutupan tersebut, bendera Dewan Olimpiade Asia (OCA) diturunkan, kemudian dilakukan pengibaran bendera Merah-Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bendera Merah-Putih pun berkibar berdampingan dengan bendera Korsel.

Selanjutnya, Presiden Organizing Committee Asian Games 2014 (IAGOC) Kim Young-soo mengembalikan obor Asian Games kepada Presiden OCA, Al-Sabah, yang kemudian memberikannya kepada Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin. Kemudian Kim menyerahkan bendera Asian Games pertama kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Jakarta dan Palembang adalah kota-kota penyelenggara Asian Games ke-18. Selanjutnya, Walikota Incheon Yoo Jung-bok memberikan bendera OCA kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo.

Dalam upacara penutupan, Indonesia juga mengirimkan 50 orang penari yang dipimpin oleh Denny Malik. Mereka membawakan tari-tarian yang memadukan unsur Melayu, Betawi, dan Palembang selama kurang lebih sepuluh menit.

Sayangnya, prestasi Indonesia dalam Asian Games kurang memuaskan. Dari 45 negara, Indonesia hanya mampu berada di peringkat 17 dengan 4 emas, 5 perak, 11 perunggu. Dengan demikian Indonesia kalah dari negara-negara kecil seperti Kazakhstan di peringkat 4, Iran di peringkat 5, Thailand di peringkat 6, Malaysia di peringkat 14, dan Singapura di peringkat ke-15.

Juara umum diraih oleh China dengan perolehan 151 medali emas, 108 perak, dan 83 perunggu. Peringkat kedua diraih Korsel dan peringkat ketika diraih Jepang. (dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL