messiZurich, Liputanislam.com – Pesepakbola klub Barcelona asal Argentina Lionel Messi kembali menasbihkan dirinya sebagai yang terbaik sejagat. Dalam gala penghargaan FIFA Ballon d’Or 2015 yang berlangsung Senin (11/1/2016) di Zurich, Messi didaulat menjadi pemain terbaik dunia, mengalahkan dua pesepakbola lainnya, yaitu Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal) dan Neymar, Jr (Barcelona/Brasil).

Pencapaian Messi ini terbilang sangat fenomenal mengingat dialah satu-satunya pemain sepakbola dunia yang berhasil meerengkuh gelar pemain terbaik sedunia sebanyak lima kali. Para pemain lainnya semisal Ronaldo, Marco Van Basten, Johan Cruyf, dan Platini ‘baru’ menggondol penghargaan ini sebanyak tiga kali.

Selain penganugerahan pesepakbola terbaik tahun 2015, ajang FIFA Ballon d’Or 2015 juga memberikan penghargaan kepada beberapa kategori lainnya, yaitu pelatih terbaik, pemain sepakbola wanita terbaik, dan beberapa penghargaan lain.

Klub Barcelona tempat Messi bermain mendominasi penghargaan individu. Pelatih Barcelona Luis Enrique juga didaulat sebagai pelatih terbaik dunia setelah menyisihkan Jorge Sampaoli (pelatih timnas Chile) dan Josep Guardiola (pelatih Klub Bayern Munchen, Jerman). Selain Messi dan Enrique, tim Barcelona juga menempatkan tiga pemain lainnya yaitu Dani Alves, Andres Iniesta, dan Neymar sebagai bagian dari FIFPro World XI.

Sementara itu, pemain Brasil Wendell Lira didaulat sebagai pencetak gol terbaik 2015. Aksinya yang memukau saat menjebol gawang lawan lewat akrobatik yang didahului oleh kerjasama satu-dua yang memukau.

Untuk Fair Play Award (penghargaan bagi pemain fair play), diberikan kepada Gerald Asamoah. Mantan pemain tim nasional Jerman itu aktif dalam kegiatan sosial membantu korban pengungsian.

“Sepak bola bisa menjadi salah satu alat untuk mengatasi xenophobia dan rasialisme,” ujarnya.

Untuk kategori wanita, pemain timnas AS Carli Lloyd, dan pelatih timnas AS Jill Ellis memenangi penghargaan masing-masing sebagai pemain terbaik wanita dan pelatik terbaik tim wanita.

Berikut adalah hasil lengkap FIFA Ballon d’Or 2015:

Pemain Terbaik Dunia 2015: Lionel Messi

Pemain Wanita Terbaik 2015: Carli Lloyd

Pelatih Terbaik 2015: Luis Enrique

Pelatih Terbaik Tim Wanita Terbaik 2015: Jill Ellis

Gol Terbaik: Wendell Lira

FIFA Fair Play 2015: Gerald Asamoah

FIFPro World XI (dalam formasi 4-3-3):

Penjaga gawang: Manuel Neuer,

Bek: Marcelo, Thiago Silva, Sergio Ramos, Dani Alves,

Pemain tengah: Andres Iniesta, Luka Modric, Paul Pogba,

Pemain depan: Cristiano Ronaldo, Neymar, Lionel Messi.

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL