Evan Dimas/dok.Eggi Paksha

Evan Dimas/dok.Eggi Paksha

Hanoi, LiputanIslam.com – Tim Nasional Indonesia berhasil mencukur Laos di Piala AFF 2014 dengan skor 5-1. Meskipun Garuda menang atas Laos, namun kemenangan itu tetap membawa timnas Indonesia pulang lebih awal karena hanya mampu menempati posisi ketiga di grup A. Stelah ditahan imbang oleh Vietnam dan di babat habis oleh Filipina akhirnya langkah timnas Indonesia harus terhenti di Hang Day Stadium, Jumat (28/11) malam.

Evan Dimas yang merupakan anak kesayangan coach Indra Sjafrie membuka kemenangan Indonesia atas Laos pada awal babak pertama. Memanfaatkan umpan matang dari Cristian Gonzales, tembakan pamungkas kaki kiri Evan Dimas berhasil melewati hadangan kiper lawan. Indonesia tampil percaya diri di babak pertama hingga berhasil menekan Laos bahkan hingga bermain setengah lapangan.

Tak puas dengan satu gol, untuk memenuhi selisih gol demi mendapatkan secercah peluang lolos semifinal, Ramdhani Lestaluhu kembali menjaringkan bola pada gawang lawan pada menit ke-20. Umpan tersebut tercipta kembali dari kaki Gonzales meneruskan umpan dari Evan Dimas. Kiper Laos Sengathit Somvang kembali harus memungut bola dari gawangnya sendiri seperti dilansir dari Bola.net.

Dewi fortuna nampaknya sedang tidak memihak Indonesia. Pada menit ke-27 wasit menunjuk titik putih setelah Supardi menjatuhkan Vilayout Sayyabounsou di kotak terlarang. Apa lacur, wasit pun mengadiahi Supardi dengan kartu merah. Khampeng Sayavutth yang menjadi eksekutor sukses memperdaya kiper I Made Wirawan. Laos memperkecil skor menjadi 1-2.

Bermain dengan 10 orang membuat kekuatan timnas berkurang. Celakanya Laos berusaha untuk memanfaatkan pertandingan yang tidak seimbang tersebut. Beruntung kiper timnas I Made Wirawan berhasil menggagalkan peluang Laos untuk menambah pundi pundi gol.

Pada babak kedua Evan Dimas kembali menunjukkan kelasnya sebagai si bocah ajaib. Umpan silang yang dihasilkannya berhasil dieksekusi oleh Rhamdani Lestaluhu sehingga Laos semakin menjauh dengan skor 3-1, keunggulan untuk Indonesia.

Paruh babak kedua membuat Alfred Reidl menurunkan beberapa pemain pengganti untuk menggantikan Boaz Salossa yang terlihat sudah kepayahan. Sementara Ramdhani yang mengalami cedera digantikan oleh M. Ridwan.

Meskpun kalah jumlah pemain ternyata Indonesia belum habis. Pada menit ke-82 Zulham menambah pundi-pundi gol bagi Garuda. Aksi I Made Wirawan patut diacungi jempol karena berkali-kali aksinya menyelamatkan gawang Indonesia.

Pertandingan di tutup dengan gol bunuh diri yang dilakukan kapten Laos sehingga mengubah kedudukan akhir menjadi 5-1. Skor bertahan hingga bubar.

Susunan Pemain Indonesia vs Laos:

Indonesia: I Made Wirawan, Zulkifli Syukur, Victor Igbonefo, Ahmad Jufriyanto, Supardi, Hariono (Firman Utina, 84′), Manahati Lestusen, Ramdhani Lestaluhu (M. Ridwan, 56′), Boaz Salossa (Zulham Zamrun, 67′), Evan Dimas, Cristian Gonzales.

Laos: Sengathit Somvang, Saynakhonevieng Phommapanya (Sitthideth Khantavong, 68′), Ketsada Souksavanh, Saycon Khunsamnam, Bounthavy Sipasong, Phountdavy Phommasane (Paseuthsack Souliyavong, 61), Khonesavanh Sihavong, Keoviengpheth Lithideth, Soukaphone Vongchiengkham, Vilayout Sayyabounsou (Phoutthasay Khochalern, 45′), Khampeng Sayavutth. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL