Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi/TEMPO

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi/TEMPO

Jakarta, LiputanIslam.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi nampaknya cukup serius ingin membenahi sepak bola Indonesia. Hal itu dilakukan dengan langkahnya mengumumkan nama-nama Tim 9 untuk menggali, mengevaluasi, dan menelusuri problema yang dihadapi sepak bola Indonesia.

Diantara sembilan nama yang diumumkan, hanya ada satu nama mantan pemain nasional sepak bola yakni Ricky Yakobi yang masuk dalam tim sembilan, seperti dilansir dari tempo.co (2/1).

Tim sembilan akan diberikan waktu dua hingga tiga bulan untuk menyimpulkan sebuah rekomendasi yang akan dilaporkan langsung kepada Menpora. Tim sembilan akan difasilitasi oleh tim kerja yang berjumlah sama yang fungsinya menyiapkan secara teknis.

Ahok dan Ridwan Kamil tercatat masuk dalam anggota tim sembilan ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki basis dengan Persija sedangkan Wali Kota Ridwan Kamil dekat dengan Persib. Kedua klub tersebut selalu dikaitkan dengan rivalitas antar supporter yang melampaui batas hingga merusak suasana sportivitas dunia sepak bola Indonesia.

Namun demikian, Imam Nahrawi menegaskan bahwa keduanya tidak akan menjadi anggota secara langsung melainkan akan membantu Tim 9 secara informal.

Selain beberapa nama pejabat, juga terdapat lembaga-lembaga yang memberikan dukungan pada Tim 9 diantaranya adalah Komisi Indormasi Pusat (PIP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Ombudsman.

Menpora menjelaskan, nantinya Tim 9 akan menelusuri rekruitmen pemain sepak bola usia dini, fasilitas penunjang, keuangan, dan manajemen lainnya.

Berikut daftar nama anggota Tim 9:
1. Imam B. Prasodjo (sosiolog)
2. Budiarto Shambazy (pengamat, wartawan senior)
3. Ricky Yakobi (mantan pemain nasional)’
4. Gatot S. Dewabroto (Kemenpora)
5. M. Nur Hasan (akademikus)
6. Djoko Susilo (mantan Dubes RI untuk Swiss)
7. Yunus Husein (mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan/PPATK)
8. Eko Ciptadi (mantan Deputi Pencegahan Komite Pemberantasan Korupsi)
9. Oegroseno (mantan Wakil Kapolri)

(fie).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*