Pasangan Hendra/Ahsan, Juara Dunia 2013

Pasangan Hendra/Ahsan, Juara Dunia 2013

Jakarta, LiputanIslam.com – 38 tahun berlalu dari awal mula digelarnya Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Kini, di tahun 2015 ini, perhelatan prestisius itu akan digelar di Tanah Air. Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 10-16 Agustus akan menjadi saksi ajang baku hantam para pebulutangkis top dunia memperebutkan tempat terbaik.

Sejak bergulir pada 1977, China hingga kini masih menjadi pengumpul gelar terbanyak, yaitu 58 titel, jauh meninggalkan Indonesia yang menjadi negara dengan titel terbanyak kedua (20 titel). Namun, para pebulutangkis nasional siap untuk memperpendek kesenjangan tersebut dengan berjuang sekeras mungkin meraih sebanyak-banyaknya gelar juara di depan para suporter fanatiknya. Untuk perhelatan tahun ini, Indonesia berhasil meloloskan 16 wakilnya.

Terakhir kali Indonesia meraih gelar juara dunia terjadi pada tahun 2013 saat kejuaraan dihelat di Guangzhou, China. Kala itu, dua gelar sekaligus disabet lewat ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Tahun lalu, saat event dihelat di Kopenhagen, Denmark, bisa dikatakan salah satu tahun pencapaian terburuk bagi Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia sepanjang sejarah. Tidak ada satupun wakil ‘Merah Putih’ yang mampu mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Tommy Sugiarto merupakan wakil Indonesia yang paling mampu jauh melangkah. Itupun hanya menjejak semifinal, untuk kemudian dikandaskan lawannya.

Manajer tim Indonesia Rexy Mainaky, seperti dilansir detic.com, optimistis mampu mengulang pencapaian dua tahun lalu. “Sejauh ini kami optimis dapat meraih dua gelar dari nomor ganda campuran dan ganda putra seperti tahun 2013,” kata Rexy beberapa waktu silam.

“Namun faktor kami sebagai tuan rumah harus diwaspadai, jangan sampai menjadi pressure buat anak-anak,” imbuh dia.

Berikut wakil-wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2015:

Tunggal Putra: Tommy Sugiarto & Dionysius Hayom Rumbaka
Tunggal Putri: Maria Febe Kusumastuti & Linda Wenifanetri
Ganda Putra: Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Hendra Aprida Gunawan/Andrei Adistia, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, Ade Yusuf/Wahyu Nayaka
Ganda Putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, Vita Marissa/Shendy Puspa Irawati, Devi Tika/Keshya Nurvita
Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle

(farid)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL