brasilBelo Horizonte, LiputanIslam.com, Seperti yang diprediksikan para pengamat, laga antara tuan rumah Brasil melawan Chile di babak perdelapan final Piala Dunia 2014 berlangsung ketat. Chile bahkan mampu membuat para supertor Brasil berdebar-debar selama lebih dari 120 menit.

Perlawanan ketat Chile membuat skor imbang 1-1 terus terjaga hingga perpanjangan waktu 2×15 menit. Pemenang pertandingan pun harus ditentukan lewat adu tendangan penalti. Keberuntungan rupanya berpihak kepada Brasil. Tiga penendangnya berhasil menyarangkan gol. Sedangkan di pihak Chile, hanya dua penendang yang berhasil menjadi algojo.

Seperti yang diberitakan detik.com, pada pertandingan yang berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu (28/6/2014) malam WIB, Brasil langsung melancarkan serangan sejak menit-menit awal.

Akan tetapi, keunggulan Brasil baru tercipta pada menit ke-18 ketika tendangan sudut Neymar disambar oleh Thiago Silva dengan sundulan. Sundulan tersebut mengarah ke tiang jauh tempat David Luiz berdiri dan langsung diteruskan ke dalam gawang oleh Luiz.

Tertinggal, Chile tidak mengendurkan permainan. Pada menit ke-32, mereka menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari sebuah lemparan ke dalam, bola jatuh di kaki Hulk. Namun, Hulk melakukan kesalahan passing dan bola jatuh di kaki Eduardo Vargas. Dengan cepat, Vargas langsung melepaskan operan ke dalam kotak penalti Brasil.

Banyaknya ruang di dalam kotak penalti Brasil memungkinkan Alexis Sanchez untuk melepaskan tendangan. Pemain Barcelona itu melepaskan tendangan datar ke arah sudut dan kiper Julio Cesar tak mampu menjangkaunya.

Kedua tim lalu bertarung secara sengit. Berkali-kali, para penyerang kedua tm melancarkan serangan berbahaya ke gawang lawannya masing-masing. Akan tetapi, tembakan-tembakan mereka selalu gagal menjadi gol akibat diselamatkan oleh kedua penjaga gawang atau menerpa mistar.

Situasi ini terus berlangsung sampai berakhirnya babak perpanjangan waktu. Tidak adanya tambahan gol tersebut membuat pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

David Luiz, yang jadi penendang pertama Brasil, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara penendang pertama Chile, Mauricio Pinilla, gagal lantaran tendangannya diblok oleh Julio Cesar.

Penendang kedua Brasil, Willian, gagal mengeksekusi dengan baik. Tendangannya melebar ketika kiper Chile, Claudio Bravo, sudah bergerak ke arah yang salah. Sial buat Chile, kesempatan mereka untuk menyamakan kedudukan sirna setelah tendangan Alexis Sanchez diblok oleh Cesar.

Penendang ketiga Brasil, Marcelo, berhasil menyarangkan bola ke dalam gawang meski Bravo sempat menyentuh bola. Penendang ketiga Chile, Charles Aranguiz, juga berhasil mengeksekusi penalti dengan baik.

Penendang keempat Brasil, Hulk, gagal. Tendangannya digagalkan oleh Bravo. Marcelo Diaz, penendang keempat Chile, berhasil memasukkan bola dan kedudukan pun berubah menjadi 2-2 di babak adu penalti ini.

Neymar, yang jadi penendang kelima Brasil, berhasil mengecoh Bravo dan melakukan tugasnya dengan baik. Dan akhirnya, penendang kelima Chile, Gonzalo Jara, pun mendapatkan beban untuk bisa menyamakan kedudukan. Sial buat Jara, tendangannya mengenai tiang.

Brasil pun keluar sebagai pemenang lewat adu penalti ini dengan skor 3-2. Pada babak selanjutnya, Brasil akan menghadapi tim Amerika Selatan lainnya, Kolombia, yang pada pertandingan perdelapan finallainnya, berhasil menekuk Uruguay.

Kolombia Taklukkan Uruguay 2-0

kolombiavsuruguayiPada pertandingan babak perdelapan final lainnya, dua wakil Amerika Selatan, Kolombia dan Uruguay saling berhadapan. Bintang muda Kolombia, James Rodriguez, menjadi bintang di laga tersebut, di mana sumbangan dua golnya ke gawang Uruguay membawa Los Cafeteros menang 2-0 sekaligus menyingkirkan La Celeste.

Pada laga yang dihelat di Maracana, Minggu (29/6) dinihari WIB, James mencetak gol-golnya di masing-masing babak. Dua gol ini membawa pemuda 22 tahun itu memuncaki sementara daftar topskorer dengan lima gol.

Di laga perempatfinal, Kolombia akan menghadapi Brasil di Fortaleza 5 Juli mendatang. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL