Lee Chong Wei

Lee Chong Wei

New Delhi, LiputanIslam.com–Pemain nomer satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei optimis, timnya akan memenangi Piala Thomas 2014.

“Kami sudah sampai di final. Kami akan berusaha keras membawa pulang gelar ini ke Malaysia,” kata Chong Wei.

Chong Wei mengawali kemenangan Malaysia dengan menundukkan tunggal pertama Indonesia Tommy Sugiarto 21-19, 21-13. Bagi Tommy itu adalah kekalahan kesepuluh dari sepuluh kali pertemuannya dengan Chong Wei.

Di pertandingan kedua, pasangan ganda putra peringkat satu dunia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di luar dugaan harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Tan Boon Heong/Hoon Thien How dengan rubber gim 19-21, 21-8, 21-23.

Pada gim pertama, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sering kali membuat kesalahan. Lawan mendapatkan poin-poin dengan sangat mudah. Tan Boon Heong/Hoon Thien How menyudahi permainan dengan 19-21.

Pada gim kedua, pasangan Indonesia tak kesulitan menyudahi perlawanan pasangan Malaysia. Hendra/Ahsan unggul 11-5 saat interval. Keunggulan ini berlanjut sampai menyelesaikan gim kedua dengan poin 21-8.

Pada gim ketiga, pertarungan seru terjadi antara dua pasangan. Tan Boon Heong menerima kartu kuning dari wasit karena dianggap mengulur-ulur waktu. Kejar mengejar angka terjadi, kedudukan sempat 18-18, 19-19, 20-20, 21-21. Tan Boon Heong/Hoon Thien menyudahi permainan dengan 23-21.

Harapan Indonesia untuk memperpanjang napas di pertandingan ketiga juga pupus usai Dionysius Hayom Rumbaka takluk dari Chong Wei Feng.

Di partai ketiga, partai penentuan, Hayom,tidak berdaya di tangan Chong Wei Feng. Hayom akhirnya harus mengakui permainan Chong Wei Feng, 10-21,17-21.

Di game pertama, Hayom sepertinya tidak mampu bermain lepas dan terus mendapat tekanan. Chong yang terlihat percaya diri terus mengatur permainan Hayom hingga kedudukan 5-11. Hayom yang ada di peringat 24 mencoba mengejar ketinggalan tapi Chong Wei Feng sulit diatasi dan menyerah dengan skor 10-21.

Game kedua, Hayom masih belum mampu keluar dari tekanan Chong Wei Feng yang ada di peringkat 27 dunia. Sempat tertinggal 1-5, Hayom mencoba memperkecil ketinggalan hingga 4-6. Tapi Chong Wei Feng tidak memberi peluang Hayom berkembang. Ia pun meninggalkan Hayom hingga 11-4. Hayom pun mencoba terus memperkecil ketinggalan dan mampu membuat Chong Wei Feng melakukan banyak kesalahan hingga kedudukan 8-11.

Hayom terus mencoba memperkecil ketinggalan hingga bisa mengejar 16-16. Namun Chong Wei Feng tidak memberi kesempatan dan akhirnya bola keluar Hayom membuat tim Indonesia harus mengubur impian maju ke final untuk mencoba merebut piala Thomas. Hayom menyerah 17-21.

Dengan hasil ini, penantian Indonesia untuk kembali memboyong Piala Thomas ke tanah air pun harus diperpanjang. Terakhir kali tim Indonesia memenangi ajang itu dua  belas tahun silam, yaitu tahun 2001. Sementara bagi Malaysia, inilah final pertama mereka selama 12 tahun terakhir.

“Ini adalah hasil baik dari semua kerja keras kami selama ini. Kami sangat bersyukur, karena ini adalah final pertama kami selama 12 tahun terakhir,” kata Lee Cheng Wei.(fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL