Maria Londa/GettyImages

Maria Londa/GettyImages

Jakarta, LiputanIslam.com – Maria Londa mengukir sejarah sepanjang kariernya sebagai atlet dalam bidang atletik. Lompatannya sejauh 6,55 meter di Asian Games 2014 merupakan rekor terbaiknya sepanjang kariernya menjadi atlet yang mewakili Indonesia di berbagai ajang Internasional.

Putri Indonesia yang lahir pada tahun 1990 di Denpasar ini dikenal mampu menguasai cabang atletik dalam lompat jauh dan lompat ganda. Ia selalu mewakili Indonesia dalam kejuaraan dunia atletik sejak tahun 2007 hingga terakhir di Asian Games 2014, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com.

Prestasi yang cemerlang pada 2014 merupakan lanjutan dari gemilangnya torehan rekornya pada tahun 2013 dalam Sea Games yang berhasil menyabet medali emas dalam kategori lompat jauh.

Nama Maria Londa pun tercatat merupakan atlet pertama dari Indonesia yang memenangi medali emas di cabang atletik sejak tahun 1998. Sebelumnya, Supriati Sutono merupakan atlet Indonesia yang terkhir memenangi emas untuk cabang atletik pada nomor 5.000 meter pada Asian Games 1998.

Maria Londa telah mengawali kariernya sebagai atlet atletik sejak umur 12 tahun pada tahun 2002. Ia memilih cabang lompat jauh dan lompat ganda karena ia kurang begitu menyukai lari.

Meskipun Maria merupakan lulusan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bali ini, justru meniti kariernya sebagai atlet nasional pada tahun 2007. Kesuksesannya pernah terganjal karena cedera yang dialaminya dalam SEA Games hingga mengharusnya dirinya memulihkan kondisi tubuhnya sepanjang 6 bulan lamanya.

Prestasi Maria mulai bersinar kembali sejak tahun 2011 saat mengikuti SEA Games untuk nomor lompat jauh dan lompat ganda yang masih merupaan spesialisasinya. Tahun itu ia berhasil merangkak naik dengan menyabet dua medali perak dalam ajang bergengsi tersebut.

Dua tahun setelah perak tersebut ia berhasil mengukuhkan dirinya mendapatkan emas di nomor yang sama hingga akhirnya pada tahun 2014 ia mampu menciptakan rekornya sendiri dan tercatat sebagai rekor dalam cabang olahraga atletik di Indonesia.

Lompatan 6,55 meter di Asian games 2014 merupakan catatan terbaik sepanjang karier Maria. Itulah yang menjadikannya sebagai sejarah baru dalam Asian Games 2014 bagi Indonesia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*