jerman 1Jakarta, LiputanIslam.com – Bangsa Jerman kini betul-betul menggenggam puncak kebanggaan. Deutchland uber alles (Jerman di atas semuanya), salah satu potongan lirik yang ada pada lagu kebangsaan Jerman, betul-betul menjadi nyata.

Eforia menjadi kampiun Piala Dunia 2014 masih belum reda. Maklum, di Brasil, keberhasilan menjadi juara itu juga disertai banyak rekor dunia, baik secara individu pemainnya ataupun tim. Secara individu, Miroslav Klose kini menasbihkan diri sebagai striker paling tajam sepanjang sejarah, dengan torehan 16 gol. Secara tim, beberapa rekor juga dicetak skuat Der Panzer.

Mereka menjadi tim Eropa pertama yang berhasil menjadi juara ketika perhelatan digelar di Benua Amerika. Kemudian, mereka juga mencatatkan skor paling telak di babak semifinal ketika melibas Brasil dengan skor 7-1.

Segera setelah perhelatan Piala Dunia selesai, peringkat dunia dikalkulasi ulang. Hasilnya, kini mereka bertengger di puncak rangking dunia. Die Mannschaft (julukan lain Jerman yang berati timnas)mengkudeta Spanyol dengan merebut rangking satu dunia.

Dikutip dari Fifa.com, laga final di Stadion Maracana, Rio de Janiero akhir pekan lalu, menjadi perebutan rangking teratas dengan Argentina yang berakhir dengan kemenangan Jerman 1-0.

Pasukan Jochim Loew itu diikuti oleh sang runner-up Argentina di posisi kedua. Belanda naik 12 peringkat ke peringkat ketiga dunia usai mengalahkan tim tuan rumah Brasil 3-0 di laga perebutan tempat ketiga.

Seluruh tim yang tersingkir di babak perempatfinal Piala Dunia mengalami kenaikan rangking. Kolombia naik empat tangga ke rangking empat sedangkan Belgia naik enam peringkat ke urutan kelima. Prancis naik tujuh tangga dan kini menduduki urutan ke-10 dan Kosta Rika mencapai rangking tertingginya dengan ada di urutan ke-16.

Sementara itu, sejumlah tim top mendapat nasib sebaliknya. Dua juara Eropa dan sekali juara dunia, Spanyol harus turun tujuh peringkat ke posisi delapan sedangkan Portugal turun tujuh peringkat ke urutan ke-11.

Italia dan Inggris, yang menempati posisi dua terbawah fase grup juga mengalami penurunan peringkat. Gli Azzurri menurun lima tangga ke posisi ke-14 sedangkan Inggris lebih buruk lagi dengan turun 10 peringkat ke urutan ke-20.

Tim tuan rumah Piala Dunia, Brasil juga menambah catatan buruk. Usai mengakhiri turnamen dengan tragis, Selecao harus rela keluar dari rangking lima besar setelah turun empat tangga di posisi ketujuh.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia naik empat peringkat dengan menduduki urutan ke-153 di atas Singapura, dan empat posisi di atas Thailand. Meski begitu, Malaysia ada di atas Indonesia dengan menduduki urutan ke-151.

Berikut Rangking FIFA per Juli 2014

1. Jerman (+1)
2. Argentina (+3)
3. Belanda (+12)
4. Kolombia (+4)
5. Belgia (+6)
6. Uruguay (+1)
7. Brasil (-4)
8. Spanyol (-7)
9. Swiss (-3)
10. Prancis (+7)
11. Portugal (-7)
12. Chile (+2)
13. Yunani (-1)
14. Italia (-5)
15. Amerika Serikat (-2)
16. Kosta Rika (+12)
17. Kroasia (+1)
18. Meksiko (+2)
19. Bosnia-Herzegovina (+2)
20. Inggris (-10)

(by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL