iran-korJakarta, LiputanIslam.com – Kemenangan Iran atas Korea dan Arab Saudi atas Uni Emirat Arab mengantarkan kedua negara memuncaki klasemen sementara grup A dan B kualifiksi Piala Dunia 2018 Rusia Zona Asia (AFC).

Dalam laga yang dihelat di Azadi Stadium, Teheran pada Selasa malam (11/10), Iran menghempaskan tim kuat Korea Selatan dengan skor 1-0. Kemenangan ini cukup mengantar Iran untuk memuncaki klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zaona Asia dengan nilai 10 dari empat pertandingan. Di grup ini, Uzbekistan (nilai 10), Korea Selatan (nilai 7), Suriah (nilai 4), Qatar (nilai 3), dan Tiongkok (nilai 1), di peringkat dua hingga enam, masing-masing lewat empat pertandingan.

Di grup B, Arab Saudi juga berhasil meraih hasil maksimal di jornada keempat grup setelah menghempaskan Uni Emirat Arab dengan skor 3-0. Dengan hasil ini, Arab Saudi naik ke peringkat pertama grup dengan nilai sepuluh.

Keberhasilan Saudi naik ke peringkat pertama grup ini tak lepas dari hasil imbang 1-1 yang diperoleh dua tim favorit Australia dan Jepang. Dengan demikian, Australia turun ke peringkat kedua, dan Jepang berada di peringkat ketiga. Adapun UEA, Irak, dan Thailand berada di peringkat tiga hingga enam.

Suasan Muram

Pertandingan Iran melawan Korea Selatan diberitakana berlangsung dalam suasan muram. BBC melaporkan, pertandingan digelar bertepatan dengan malam perayaan hari besar umat Syiah, Asyura. Suasana muram terasa selama pertandingan sebagai penghormatan kepada Imam Hussein, tokoh penting bagi umat Islam Syiah, yang meninggal dunia dalam perang di Karbala (sekarang wilayah Irak selatan) lebih dari 1.300 lalu.

Para penonton di Stadion Azadi diminta untuk tidak bersorak-sorai tetapi diminta mengangkat kepalan tangan dan menyebut “Ya Hussein”. Mereka mengenakan pakaian serba hitam dan bukan kaus tim nasional Iran. Adapun pemain-pemain Korea Selatan mengenakan gelang tangan berwarna hitam sebagai bentuk penghormatan kepada tuan rumah.

Stadion berkapasitas 100.000 tempat duduk itu dilaporkan penuh dengan penonton dan pertandingan berjalan lancar tanpa insiden berarti.  (Ot/BBC/AFC)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL