venueJakarta, LiputanIslam.com—Kabar molornya renovasi venue Asian Games 2018 di Jakarta diakui Ketua Satuan Tugas Infrastruktur Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Imam Santoso Ernawi. Tujuh paket renovasi GBK masih pada proses lelang.

Pemerintah merencanakan memulai renovasi venue untuk Asian Games 2018 pada bulan Juli. Ada 14 venue di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang harus diperbaiki sesuai ketentuan Olympic Council of Asia (OCA). Selain itu perombakan dan pembangunan venue di luar area GBK, yakni Velodrome di Rawamangun dan venue berkuda di Pulo Mas.

Namun hingga kini proses renovasi GBK tidak tampak. Tidak ada alat-alat berat dan bahan material yang ada di area GBK.

Molornya start renovasi itu membuat Yayuk Basuki, mantan petenis nasional dan anggota Komisi X DPR RI, mempertanyakan keseriusan pemerintah menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Dia khawatir saat Asian Youth Games 2017 sebagai salah satu test event, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya, dilaksanakan, venue belum siap.

Menurut Imam venue-venue di GBK dikelompokkan menjadi tujuh paket renovasi GBK. Nah, dari tujuh paket lelang yang ada, empat paket di antaranya sudah menemui titik cerah. lelang sudah selesai dilaksananakan, namun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat belum memutuskan pemenangnya. Salah satu di antara empat paket renovasi venue itu mencakup Stadion Utama dan venue akuatik.

Dua paket renovasi yang mencakup Stadion Madya, Istora, serta venue sofbol dan bisbol tengah dalam proses lelang. Satu sisa paket lelang (mencakup fasilitas latihan) baru akan dimulai.

“Rencananya renovasi memang pertengahan Juli. Ya, memang mundur dua minggu karena masih ada masalah di proses lelangnya sendiri. Tapi yang jelas kami tetap berpegang pada omongan dari direktur pelaksananya yang mengatakan awal Agustus ini akan segera dilakukan penetapan kontraktor,” kata Imam.

“Iya, sebelum November 2017 (renovasi sudah selesai). Masih bisa selesai Asian Youth Games itu kan November 2017. Kami harapkan September 2017 (kawasan GBK) sudah bersih. Tapi ya mungkin karena tidak mendapat informasi penuh saja (soal proses renovasi GBK) dan perlu diperbaiki (informasinya),” kata Imam.

“Jadi bukan berarti tidak ada pengerjaan, kan? Tapi saat ini kan lelang berjalan ada prosesnya,” imbuh dia. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL