tim thomas indonesiaKunshan, LiputanIslam.com–Tim Thomas Indonesia akhirnya terpaksa menelan kekalahan setelah pemain Denmark Hans-Kristian Vittinghus mengalahkan tunggal putra Indonesia Ihsan Maulana Mustofa dua game langsung 21-16, 21-7, sehingga kedudukan akhir menjadi 3-2 untuk Denmark. Dengan demikian Denmark menyapu semua dari tiga nomor tunggal, sedangkan Indonesia membabat dua ganda putra. Menurut pelatih tunggal putra Denmark Kenneth Jonassen, sumber kekalahan tim Indonesia adalah kegugupan.

“Mereka memang tampak gugup. Mereka memang kurang pengalaman dibanding pemain kami dan itu menjadi perbedaan besar,” kata pelatih tunggal putra Denmark Kenneth Jonassen dalam jumpa pers selepas pertandingan, seperti dikutip antaranews.

Keberhasilan Denmark ini juga berarti kegagalan Indonesia menghapus dahaga 14 tahun tanpa gelar juara Piala Thomas dan sekaligus mengulangi kegagalan enam tahun silam pada 2010 ketika ditaklukkan China 0-3 di Kuala Lumpur dalam babak yang sama.

Denmark merebut Piala Thomas pertamanya di Kunshan, Tiongkok, setelah delapan kali menjadi runner up turnamen ini. Tim Viking itu menang 3-2 atas tim Indonesia setelah Viktor Axelsen, Jan O Jorgensen, dan Hans-Kristian Vittinghus merebut semua dari tiga nomor tunggal dalam turnamen beregu putra ini.

Pada turnamen Piala Thomas ke-29, Denmark membawa pemain-pemain peringkat 10 dunia, termasuk ganda Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding dan spesialis ganda unggulan Mathias Boe.

“Ini adalah kehormatan bagi kami dengan hasil ini. Kami punya banyak masalah cedera sebelumnya. Tapi, ini adalah kerja keras tim meskipun kami selalu mengganti komposisi pemain kami,” kata pelatih kepala Denmark Lars Uhre.

Denmark melenggang ke final setelah menyingkirkan Jepang 3-2 pada perempat final dan menghentikan Malaysia 3-2 pada semifinal. Tim Skandinavia itu merupakan tim pemenang Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Eropa 2016 di Rusia pada Februari tahun ini. (dw/antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL