MUMiami, LiputanIslam.com— Manchester United (MU) meraih hasil sempurna dalam laga pramusim mereka di Amerika Serikat. Dalam laga pamungkas sekaligus partai final Turnamen International Champions Cup, The Red Devils berhasil melibas Liverpool dengan skor akhir 3-1.

Seperti yang dilansir detik.com, pada laga yang berlangsung di Sun Life Stadium, Miami, Selasa (5/8/2014) pagi WIB, baik United maupun Liverpool memainkan sejumlah pemain utama dalam starting XI mereka. United mengandalkan Wayne Rooney dan Javier Hernandez di lini depan, sementara Liverpool memasang Rickie Lambert sebagai penyerang tunggal dengan dibantu oleh Raheem Sterling dan Philippe Coutinho.

United yang dilatih oleh Louis van Gaal mendominasi penguasaan bola di babak pertama, namun kesulitan untuk menciptakan peluang. Berbagai serangan yang dibangun ‘Setan Merah’ lebih banyak diawali dari sisi kanan, pos yang ditempati oleh Ashley Young, dan mayoritas serangan diselesaikan melalui umpan silang.

Sebaliknya, Liverpool mampu meraih 6 attempts dengan 4 di antaranya tepat sasaran. Mereka pun akhirnya unggul lebih dulu di menit ke-14 lewat tendangan penalti Steven Gerrard. Penalti tersebut diberikan setelah Phil Jones melakukan pelanggaran terhadap Sterling di dalam dalam ktak penalti.

United yang bermain dengan tiga bek sejajar kerap kesulitan menghadapi kecepatan pemain-pemain Liverpool –terutama Sterling. Kendati demikian, mereka mampu bertahan dengan ketertinggalan satu gol hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Louis van Gaal memasukkan Tom Cleverley dan Tyler Blackett. Blackett, yang masuk menggantikan Jonny Evans, tampil sangat bagus dalam mengawal sisi kiri. Luke Shaw, yang tidak banyak terlihat di babak pertama, juga lebih rajin membantu serangan dari sisi kiri.

United akhirnya berbalik unggul 2-1 lewat gol Wayne Rooney di menit ke-55 dan Juan Mata di menit ke-57. Gol Rooney tercipta dengan diawali umpan silang Hernandez dari sisi kanan, sementara gol Mata tercipta lewat assist Shaw. Tendangan Mata dari dalam kotak penalti berbelok sedikit setelah mengenai kaki Mamadou Sakho.

Tertinggal, Pelatih Liverpool Brendan Rodgers kemudian memasukkan Emre Can dan Lucas Leiva di pertengahan babak kedua. Lambert, yang masih belum terlihat impresif, akhirnya digantikan Jordon Ibe.

Kendati demikian, United tetap mendominasi jalannya laga. Jesse Lingard akhirnya mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-88 setelah menerima umpan silang yang dilepaskan Young dari sisi kanan.

Bagi United, ini adalah kemenangan kelima dalam lima laga mereka dalam tur pramusim. Sebelumnya, mereka sukses mengalahkan LA Galaxy, AS Roma, Inter Milan (lewat adu penalti), dan Real Madrid.

Sementara itu, bagi Liverpool kekalahan ini mengulang hasil laga pertama tur pramusim mereka. The Reds memulai rangkaian tur pramusim di AS dengan menghadapi AS Roma. Melawan tim Serie A itu, Liverpool dipaksa menyerah 0-1.

Setelahnya, Liverpool membukukan tiga kemenangan masing-masing atas Olympiakos, Manchester City, dan AC Milan yang mengantarkan Philippe Coutinho dkk. melaju ke final. Sayangnya, di laga final inilah Liverpool harus mengakui keunggulan MU.

Sekembalinya dari AS, Liverpool masih akan melakoni satu laga ujicoba melawan Borussia Dortmund di Anfield (10/8). Di laga pembuka Premier League, Liverpool akan menjamu Southampton (17/8). (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL