empat klubJakarta, Liputanislam.com –Arsenal, Barcelona, Bayern Munchen, dan Internazionale menjadi empat tim yang memimpin poin sementara empat liga utama Eropa. Keempatnya masing-masing memimpin di Liga Inggris (EPL), Spanyol (La Liga), Jerman (Buendesliga), dan Italia (Serie A).

Arsenal memimpin EPL dengan poin 39, hasil dari 19 kali main. Karena jumlah keseluruhan pertandingan yang harus dijalani tim-tim Inggris yang berlaga di EPL adalah 38, maka saat ini, Arsenal menasbihkan dirinya sebagai jawara paruh musim.

Posisi Arsenal ini ditempel ketat oleh tim kejutan Leicester City, yang juga memiliki perolehan poin sama, 39. Akan tetapi, Arsenal unggul dalam selisish gol. Di tempat ketiga ada Manchester City dengan nilai 36 yang disusul oleh Tottenham Hotspur dengan nilai 35. Sedangkan juara bertahan Chelsea saat ini sedang mengalami masa-masa kritis karena terlempar di urutan 14 dengan nilai 20, terpaut tiga poin saja dari Newcastle United yang berada di zona degradasi.

Untuk liga Spanyol, Barcelona sejauh ini masih menunjukkan dominasinya dengan menjadi pengumpul nilai terbanyak (38). Di tempat kedua ada Atletico Madrid dengan nilai sama. Akan tetapi, Barcelona memiliki keunggulan selisih gol. Selain itu, Barcelona juga baru memainkan 16 pertandingan, sedangkan Atletico dan tim-tim lainnya sudah memainkan 17 pertandingan. Adapun di tempat ketiga ada seteru abadi Barcelona, yaitu Real Madrid, dengan selisih dua poin (36). Celta de Vigo ada di urutan empat dengan nilai 31.

Di Buendesliga, Bayern Munchen menunjukkan keperkasaannya. The Bavarian sendirian memimpin klasemen dengan nilai 46. Borussia Dortmund ada di tempat kedua,dengan nilai 38, terpaut delapan poin dari Bayern. Hertha BSC dan Borussia Munchengladbach berada di posisi tiga dan empat masing-masing dengan perolehan angka 32 dan 29.

Sedangkan Internaszionale secara mengejutkan mampu bertengger di puncak klasemen Liga Italia dengan nilai 36. Tim yang dimiliki Erick Thohir, penguasaha asal Indonesia, ini mampu tampil cukup konsisten hingga pekan ke-17. Berada di tempat kedua dan ketiga adalah Fiorentina dan Napoli dengan perolehan angka sama, yaitu 35. Sedangkan juara bertahan Juventus yang sempat tertatih-tatih di awal musim, kini sudah mampu berada di peringkat keempat dengan nilai 33.

Dari keempat liga terbesar Eropa tersebut, hanya Liga Jerman yang sepertinya akan kembali didominasi secara mutlak oleh satu klub saja: Bayern Munchen. Sedangkan tiga kompetisi lainnya menunjukkan persaingan yang cukup ketat. Di Italia, masih ada Roma dan Milan yang masih mungkin meramaikan persaingan perebutan gelar juara. Skuat yang dimiliki kedua klub ini sangat kompetitif.

Situasi yang sama terjadi di Inggris. Masih ada Manchester United dan Liverpool, dua klub papan atas dengan tradisi juara, yang juga memiliki skuat yang kompetitif. Kedua tim yang sama-sama memiliki seragam merah tersebut sangat mungkin akan menyodok ke atas untuk meramaikan persaingan perebutan juara EPL 2015/2016.

Adapun Lipa Spanyol, persaingan sepertinya kembali akan didominasi tiga klub saja: Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid. Klub-klub lainnya kemungkinan besar hanya akan bisa bersaing memperebutkan posisi empat sebagai posisi terakhir untuk mendapatkan jatah bertanding di kompetisi tertinggi antarklub Eropa (Champions League).

Kompetisi memang masih panjang. Segala sesuatu masih saja mungkin terjadi, karena bola itu bundar, bisa menggelinding ke segala arah. Kita akan melihat hasil yang pasti di akhir musim nanti. (askari)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL