italiaManaus, LiputanIslam.comAmbisi Inggris untuk membalas kekalahan yang diderita pada Piala Eropa dua tahun silam masih membentur kegagalan. Dalam duel yang berlangsung Minggu (15/6/2014) dinihari WIB, Timnas Inggris kalah 1-2 atas Gli Azuri dengan skor tipis 1-2 dalam laga perdana Grup D. Kekalahan The Tree Lions ditentukan oleh sundulan striker Italia Mario Balotelli di menit ke-50.

Pada laga yang dihelat di Arena Amazonia, Manaus, Italia tampak nyaman menguasai bola pada menit-menit awal pertandingan. Sebaliknya, Inggris dengan disiplin berusaha melakukan pressing.

Italia, yang mengandalkan Andrea Pirlo sebagai pembagi operan, berusaha merangsek masuk ke dalam kotak penalti Inggris. Tidak jarang pula mereka melepaskan umpan silang untuk menembus pertahanan Inggris. Mayoritas, umpan silang Italia di sepuluh menit pertama dilepaskan dari sisi kanan oleh Matteo Darmian.

Inggris sendiri kerap mengandalkan kecepatan Sterling, Danny Welbeck, dan juga Daniel Sturridge. Sturridge tercatat sempat satu kali menusuk dari sisi kanan menggunakan kecepatannya. Sementara Welbeck, sempat mendapatkan peluang ketika Gabriel Paletta salah oper. Namun, tendangan Welbeck masih belum menemui sasaran.

Kendati Inggris tampak lebih banyak menekan, justru Italia lebih dulu yang mencetak gol. Pada menit ke-34, Claudio Marchisio melepaskan sebuah sepakan jarak jauh, usai memanfaatkan gerak tipu Pirlo –yang bermaksud membuka ruang. Tendangan Marchisio mengarah tepat ke pojok kanan bawah gawang Joe Hart.

Namun, gol Marchisio langsung dibayar tuntas oleh Daniel Sturridge dua menit kemudian. Gol bermula dari umpan terobosan dari Raheem Sterling yang diberikan kepada Wayne Rooney di sisi kiri. Rooney kemudian melepaskan umpan silang ke arah tiang jauh dan Sturridge menyambarnya dengan sepakan kaki kanan.

Sampai babak pertama berakhir, kedudukan masih tetap imbang 1-1.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya di menit ke-50, Italia kembali unggul. Gol bermula dari sebuah serangan dari sisi kiri pertahanan Inggris, yang juga merupakan kelemahan mereka sepanjang babak pertama. Umpan silang dari Candreva disambut dengan sundulan oleh Mario Balotelli di tiang jauh. Hart pun tak mampu menghalau sundulan tersebut. 2-1 untuk Italia.

Inggris berusaha membalas.Mereka mengurung pertahanan Italia di sisa laga. Tapi, tim besutan Roy Hodgson itu tetap tidak mampu menyamakan kedudukan. Sebaliknya, Italia masih sempat mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Pirlo di injury time babak kedua. Namun, tendangannya masih mengenai mistar gawang.

Uruguay Kalah dari Kosta Rika

costa ricaDi pertandingan lainnya Grup D, tim Uruguay secara mengejutkan harus menutup laga dengan kekalahan 1-3 dari Kosta Rika. Gol penalti Edinson Cavani dibalas tiga gol dari masing-masing Joel Campbell, Oscar Duarte, dan Marcos Urena.

Dalam laga di Estadio Castelao, Fortaleza, Minggu (15/6/2014) dinihari WIB, Uruguay unggul lebih dahulu lewat penalti Cavani. Penalti dihadiahkan wasit usai kapten Uruguay Diego Lugano dijatuhkan Junior Diaz di kotak terlarang.

Tertinggal, Kosta Rika lantas bermain lebih terbuka. Hasilnya di babak kedua mereka mampu menciptakan tiga gol masing-masing di menit ke-54, 57, dan 84.

Kemenangan ini membawa Kosta Rika sementara memuncaki klasemen Grup D dengan tiga poin. Di posisi kedua Italia yang mengemas poin sama, namun kalah selisih gol. Inggris di posisi tiga dengan poin kosong. Sementara Uruguay menempati posisi juru kunci.

Sementara itu di Grup C, wakil Amerika Latin lainnya, Kolombia, tampil trengginas kala menghadapi wakil Eropa Yunani. Mengandalkan kecepatan para pemainnya, Kolombia yang tampil tanpa penyerang andalan mereka, Radamel Falcao, menutup laga tersebut dengan kemenangan 3-0.

Sampai berita ini diturunkan, pertandingan lainnya di Grup C yang mempertemukan wakil Asia Jepang dan wakil Afrika Pantai Gading, belum berlangsung. (by/detik.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL