iranSalvador, LiputanIslam.com, — Tak ada kejutan pada laga terakhir Grup F Piala Dunia 2014. Iran yang peringkatnya di bawah Bosnia, menyerah dengan skor 1-3. Di pertandingan lainnya, Argentina menundukkan Nigeria dengan skor 3-2.

Argentina dan Nigeria lolos ke babak berikutnya. Sedangkan Iran menyusul dua wakil Asia lainnya, yaitu Jepang dan Australia, yang gagal ke babak enam belas besar dan harus puas di posisi juru kunci di grupnya masing-masing.

Di babak perdelapan final, Argentina akan menghadapi runner up Grup E, Swiss. Sedangkan Nigeria akan melawan tim kuat Prancis.

Dengan hasil-hasil tersebut, sampai hari ini, tidak satu pun wakil Asia di Brasil yang meraih kemenangan. Australia bahkan tidak meraih angka di Grup B, selalu kalah dari Chile, Belanda, dan Spanyol.

Jepang di Grup C dan Iran di Grup F hanya mendapat satu poin dan kalah dua kali. Pelatih kedua tim, Alberto Zaccheroni dan Carlos Queiroz, juga telah memutuskan mengundurkan diri.

Berharap pada Korea

koreaTim Asia yang masih akan bertanding adalah Korea, di Grup H. Mereka akan menghadapi Belgia yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

Imbang 1-1 dengan Rusia, lalu kalah 2-4 dari Aljazair membuat The Taeguk Warriors sangat berat untuk bisa melanjutkan kiprahnya. Sebabnya, mereka sedang di posisi terakhir, dan Belgia adalah tim penuh bintang. Aljazair dan Rusia juga masih berpeluang.

Korea Selatan memang masih mungkin lolos ke babak selanjutnya. Tapi, syaratnya bisa disebut hampir mustahil. Syarat skuat asuhan Hong Myung Bo untuk lolos terbilang berat dan banyak. Salah satu skenario paling terjamin adalah mereka menaklukkan Belgia 3-0, dan di saat bersamaan Rusia menang 2-0 atas Aljazair.

Korea membuat sensasi saat menjadi semifinalis Piala Dunia 2002 di negerinya sendiri. Sejak itu mereka belum bisa mencetak sensasi-sensasi lagi. Di Piala Dunia 2006 mereka tersingkir di fase grup. Empat tahun kemudian, yaitu pada Piala Dunia 2010, prestasi Korea Selatan masih agak lumayan, yaitu lolos dari fase grup, meskipun akhirnya terhenti di babak perdelapan final.

Pada tahun 2010, prestasi wakil-wakil Asia memang bisa disebut agak lumayan. Selain Korea Selatan, Jepang dan Australia juga berhasil lolos dari fase grup.

Jika Korea Selatan malam ini gagal menciptakan keajaiban, artinya tak akan ada wakil Asia di perdelapan final. Lebih parah lagi, semua wakil Asia itu menempati posisi juru kunci di grupnya masing-masing.

Prancis dan Swiss Lolos dari Fase Grup

prancisDi pertandingan Prancis gagal menjebol gawang Ekuador yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-49, karena Antonio Valencia dikartu merah dalam babak penyisihan Grup E yang digelar di the Maracana, Rio de Janeiro Brasil, Kamis (26/6/2014) pagi.

Pertandingan berakhir imbang tanpa gol. Dengan hasil itu, Ekuador gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Sebaliknya, hasil itu tetap membuat Prancis berada di puncak klasemen Grup E.

Di pertandingan grup lainnya, Swiss berhasil mengalahkan Honduras dengan skor 3-0. Dengan demikian, Swiss berhasil menempati posisi kedua dan lolos ke fase perdelapan final mendampingi Prancis. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL