messi2_2950394bCuiaba, LiputanIslam.com, –Iran dan Bosnia-Herzegovina sama-sama menelan hasil mengecewakan dalam lanjutan laga Grup F Piala Dunia 2014. Dalam pertandingan Grup F Piala Dunia 2014 di Arena Pantanal, Cuiaba, pada Minggu pagi WIB (22/6/2014), negeri Muslim Eropa Bosnia kalah secara kontroversial dari wakil Afrika, Nigeria 0-1.

Kekalahan Bosnia-Herzegovina tersebut diwarnai keputusan kontroversial dari wasit asal Selandia Baru Peter O’Leary karena menganulir gol Edin Dzeko pada menit ke-20 yang ternyata sebenarnya tidak offside.

Sebagaimana yang dilaporkan Kabar24.com, setelah dianulirnya gol Dzeko tersebut, Bosnia malah kebobolan pada menit ke-29. Gol dikontribusi oleh Peter Odemwingie setelah menerima umpan Emmanuel Emenike yang sebelum memberi assist bisa melewati hadangan kapten Timnas Bosnia Emir Spahic.

Menjelang akhir babak pertama kerja sama Dzeko dan Miralem Pjanic nyaris menjebol gawang Nigeria, tapi gagal membuahkan hasil.

Memasuki babak kedua kedua tim tetap jual beli serangan. Sejumlah peluang tercipta di depan kedua gawang.

Peluang terbaik diperoleh kembali oleh Edin Dzeko ketika pada injury time tendangannya dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper Nigeria Vincent Enyeama dan hanya membentur tiang kanan gawang.

Sementara itu, masih di grup yang sama, Iran memberikan perlawanan yang sangat ketat terhadap favorit juara Argentina. Berkali-kali, peluang yang dihasilkan Tim Tango itu dimentahkan pertahanan Iran. Sampai kemudian Lionel Messi datang jadi penyelamat di injury time. Argentina menang 1-0 berkat gol Messi itu.

Pada pertandingan yang berlangsung di kota Belo Horizonte, Sabtu (21/6/2014) malam WIB, Argentina tampil menekan pertahanan Iran sejak awal. Tidak jarang mereka membangun serangan dengan lima orang pemain depan.

Kendati sukses menciptakan beberapa peluang, ‘Tim Tango’ cukup kesulitan untuk membobol gawang Iran yang dikawal oleh Alireza Haghighi pada setengah jam pertama pertandingan.

Dengan hasil ini, Argentina yang memuncaki klasemen grup dipastikan lolos ke babak enam belas besar dengan nilai enam. Nigeria berada di tempat kedua dengan nilai empat. Keduanya akan saling berhadapan pada pertandingan terakhir.

Nigeria akan mendampingi Argentina jika berhasil minimalnya menahan imbang Messi dkk. Jika Nigeria kalah, Iran berpeluang menyalip seandainya bisa menundukkan Bosnia di partai terakhir.

Sama-Sama Merasa Dirugikan Wasit

Selain sama-sama kalah dari lawannya masing-masing, Iran dan Bosnia juga sama-sama merasa dirygikan oleh keputusan wasit. Jika Bosnia dirugikan oleh keputusan wasit yang menganulir gol Dzeko, Iran meyakini bahwa mereka seharusnya mendapat hadial penalti akibat pelanggaran yang dilakukan bek Argentina Pablo Zabaleta atas gelandang Iran Ashkan Dejagah.

Seperti dilansir detik.com, pelatih Iran Carlos Queiroz menunjukkan kekecewaaanya dalam konferensi pers yang disampaikannya pasca laga. Meskipun memuji kehebatan Lionel Messi, dia juga mengritik kepemimpinan wasit Milorad Mazic.

Queiroz menilai bahwa wasit asal Serbia tersebut lalai dalam membuat keputusan ketika gelandang Iran, Ashkan Dejagah, berbenturan dengan Pablo Zabaleta di awal-awal babak kedua.

Dejagah dan para pemain Iran kompak menilai bahwa Mazic seharusnya memberi mereka penalti. Namun, Mazic menilai bahwa kaki Zabaleta lebih dulu mengenai bola sebelum berbenturan dengan Dejagah.

“Pada akhirnya, ada dua orang yang menentukan hasil. Yang pertama adalah wasit dan yang kedua adalah Lionel Messi,” ujar Queiroz seperti dilansir Reuters.

Jerman Main Imbang Lawan Ghana

Germany's Klose taps the ball in to score against Ghana during their 2014 World Cup Group G soccer match at the Castelao arena in FortalezaDi pertandingan Grup C, kesebelasan Jerman bermain imbang 2-2 melawan Ghana dalam lanjutan pertandingan yang dihelat Minggu (22/6/2014) dinihari  waktu Indonesia.

Bisnis.com melaporkan, Jerman unggul lebih dulu melalui Goetze menit ke-51. Namun, empat menit kemudian Ayew menyamakan kedudukan. Sembilan menit kemudian, Ghana berbalik unggul melalui Gyan. Beruntung, Klose yang menggantikan Khedira mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-71.

Dengan hasil ini, Jerman untuk sementara memimpin klasemen Grup C dengan nilai empat. Amerika Serikat di tempat kedua dengan nilai tiga. Ghana di tempat ketiga dengan nilai satu, dan Portugal di tempat keempat tanpa nilai. Malam ini, Amerika dan Portugal akan saling berhadapan. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL