Laga Persahabatan Indonesia melawan Myanmar league ke 2 di Gelanggang Olahraga Bung Karno Jakarta, Rabu (7/5). Indonesia menutup babak pertama dengan 1 gol oleh Putu Gede juni Antara yang bernomor punggung 2  di tambahan waktu. [suara.com/ Adrian Mahakam, digitla image, 2014050793]

Jakarta, LiputanIslam.com – Olahraga Indonesia boleh dibilang selalu saja dalam posisi sulit. Selain kisruh managemen dan kurangnya regenerasi ditambah lagi dengan berbagai persoalan yang mendera silih berganti, sementara disisi lain masyarakat haus akan prestasi. Kedigdayaan bulutangkis Indonesia pun tidak sehebat masa gemilangnya dulu. Namun, para atlet masih terus berjuang mengembalikan kejayaan olahraga Indonesia ditengah nasibnya yang kadang kurang dihargai oleh negara. Mereka tetap berjuang dan membela negara meskipun tahu akhirnya akan seperti apa.

Berikut adalah ringkasan prestasi Indonesia yang telah diraih sepanjang tahun 2014. Lagu Indonesia raya akan terus dikumandangkan di negeri orang. Tak terhitung berapa banyak atlet yang telah mengharumkan nama bangsa di negeri orang melalui olahraga, berikut adalah ringkasannya seperti dilansir dari liputan6.com.

Asian Para Games

Nama Indonesia kembali harum karena jasa para atlet difabel di pentas Asian Para Games 2014. Ajang yang digelar di Incheon, Korea Selatan ini mampu mengantarkan Indonesia masuk dalam posisi 10 besar. 41 atlet dikirimkan oleh Indonesia demi mengharumkan nama bangsa.

Para atlet difabel ini mampu membawa pulang sembilan medali emas, 11 medali perak, dan 18 medali perunggu. Dengan torehan medali tersebut Indonesi mampu berada di posisi kesembilan. Ironisnya prestasi tersebut ditorehkan para atlet difabel yang kurang perhatian karena saat latihan pun tidak memiliki peralatan yang memadai.

Persipura Jayapura

Persipura Jayapura menjadi klub pertama yang menorehkan tinta emas di pentas Asia. Mereka tim pertama yang melangkah hingga babak semifinal AFC Cup 2014.

Langkah Boaz Salossa dan kawan-kawan terhenti di babak semifinal. Persipura kalah dari Al-Qadsia dengan skor agregat 10-2.

Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 berhasil menjadi runner-up pada babak penyisihan dalam ajang Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan. Namun sayangnya langkah Indonesia terhenti setelah dikalahkan 1-4 oleh Korea Utara di babak 16 besar. Pencapaian tersebut dianggap sudah mencapai target yang telah ditetapkan.

POM Asean

Kontingen tuan rumah Indonesia berhasil mengejar ketertinggalan di masa-masa akhir pertandingan dengan menyalip perolehan emas kontingen Thailand. Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) Asean 2014 yang dihelat di Palembang, Sumatera Selatan tersebut berhasil mencatat kemenangan dengan meraih 57 emas, 68 perak, dan 43 perunggu.

All England

Dua tim ganda Indonesia berhasil mempersembahkan medal emas di ajang All England 2014. Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil mengalahkan ganda putra asal Jepang. Sementra di nomor ganda campuran, Tantowi Ahmad/liliyana Natsir mampu membungkam pasangan Zhang Nan/Zhao Yunlei dengan dua set langsung.

Prestasi tersebut diharapkan bisa terus meningkat dan dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya. Indonesia sudah saatnya perlu bebenah diri baik dalam keorganisasian maupun regenerasi bibit-bibit unggul untuk masa depan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL