sepakbolaJakarta, Liputanislam.com –Tahun 2015 sudah lewat, dengan berbagai suka-dukanya. Ada banyak peristiwa penting di dunia olahraga, termasuk sepakbola di tahun lalu. Bagaimana dengan tahun 2016? Tentu saja, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, akan ada sejumlah event penting yang bisa jadi menorehkan sejarah baru dalam persepakbolaan nasional dan dunia. Berikut ini adalah di antaranya sebagimana yang dikutip dari VIVAbola.

Anugerah FIFA Ballon d’Or

Inilah ajang pertama di tahun 2016 yang sangat dinantikan oleh para peminat sepakbola dunia. Pada tanggal 11 bulan ini, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar akan berebut predikat sebagai pemain terbaik sepanjang 2015. Nama Messi dijagokan bakal merebut trofi Bola Emas kelima sepanjang karirnya. Sejauh ini, para pemain top sepakbola dunia lainnya hanya berhasil mengumpulkan tiga trophy saja (Cristiano Ronaldo, Zidane, Ronaldo da Lima, Van Basten, Platini, dan Cruyf). Jadi, jika Messi berhasil kembali meraih piala ini, dia akan semakin menancapkan superioritasnya sebagai salah satu pemain terbaik sepakbola sepanjang sejarah.

Kongres Luar Biasa FIFA

Menginjak bulan Februari, tepatnya tanggal 26, FIFA akan menyelengarakan Kongres Luar Biasa di Zurich, Swiss. Langkah ini dianggap sebagai titik awal usaha FIFA untuk menghapus coreng “tempat korupsi” selama era pimpinan Sepp Blatter. Kongres nanti akan menentukan siapakah presiden baru FIFA.

Kongres Luar Biasa FIFA itu juga bisa menjadi titik awal kebangkitan sepakbola Indonesia. Sanksi yang dijatuhkan pada PSSI akan dibahas lebih lanjut dan juga perkembangannya. Bukan tak mungkin sanksi bisa dicabut kalau konflik PSSI dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga bisa selesai sebelum akhir Februari.

Final Piala Europa

Pada tanggal 18 Mei, akan digelar final Europe League, yaitu kompetisi kasta kedua klub-klub Eropa. Laga final nanti rencananya digelar di St Jakob-Park, Basel, Swiss. Juara di ajang Liga Europa ini akan mendapatkan tiket langsung tampil di Liga Champions musim depan.

Meskipun disebut sebagai kasta kedua, tetapi kompetisi di tahun ini dipastikan akan tetap menyajikan laga-laga yang krusial. Sejumlah klub papan atas Eropa seperti Manchester United, Liverpool, Napoli, Fiorentina, FC Porto, Valencia, dan juara bertahan Sevilla.

Final Liga Champions

Sepuluh hari berikutnya, tepatnya 28 mei, digelar salah satu ajang yang sangat dinanti-nantikan pada akhir musim kompetisi nanti. Bentrokan antara dua klub raksasa Eropa di partai final kompetisi kasta tertinggi di Eropa (bahkan disebut sebagai tertinggi di dunia) dipastikan bakal menyedot perhatian ribuan pasang mata.

Saat ini, Liga Champions baru memasuki babak 16 besar yang akan digelar mulai Februari mendatang. Mereka pasti akan saling adu sikut untuk mendapatkan satu tiket ke laga final di Stadion San Siro, Milan.

Sejauh ini, juara bertahan Barcelona difavoritkan di pertama untuk bisa menjadi juara. Jika menjadi kenyataan, Barcelona akan menjadi klub pertama yang mampu mempertahankan gelar dalam format baru UEFA Champions League.

Copa America Centenario

Para penggila bola tahun ini betul-betul akan dimanjakan dengan event-event sepakbola spektakuler dunia. Lima hari pasca digelarnya final Piala Champions (3 hingga 26 Juni), dunia akan mendapatkan suguhan berupa pergelaran Piala Amerika. (Copa America). Kali ini, Copa America berubah format dengan menggabungkan negara dari Amerika Selatan dengan tim dari Amerika tengah dan utara, juga Karibia.

Turnamen yang akan digelar di Amerika Serikat ini akan diikuti oleh 16 negara terbaik, termasuk Brasil, Argentina, Chile, Meksiko, dan yang pasti tuan rumah, AS.

Piala Eropa

Pada saat yang hampir bersamaan dengan Copa America, tepatnya tanggal 10 Juni – 10 Juli, kita juga akan menyaksikan salah satu turnamen yang paling ditunggu oleh para pecinta sepakbola tahun ini, yaitu Piala Eropa. Apakah Spanyol akan berhasil mempertahankan gelar juara Eropa untuk kali ketiga? Atau akan muncul juara baru?

Piala Eropa kali ini terbilang spesial karena untuk pertama kali menggunakan format 24 tim. Prancis pun sudah menyiapkan 10 stadion, termasuk Stade de France untuk menggelar partai final. Juaranya akan mendapatkan tiket ke Piala Konfederasi 2017 di Rusia.

Olimpiade Rio de Janiero, Brasil

Salah satu agenda olahraga terbesar di dunia akan dilaksanakan tahun ini, tepatnya tanggal 3 – 20 Agustus. Brasil akan kembali menjadi tuan rumah sebuah turnamen besar usai Piala Dunia 2014 lalu. Kali ini, Rio de Janiero bakal jadi pusat digelarnya Olimpiade 2016. Tentu saja, cabang sepakbola termasuk yang akan menarik perhatian dunia.

Piala AFF

Bagi masyarakat sepakbola Tanah Air, Piala AFF memiliki greget tersendiri. Inilah satu-satunya turnamen sepakbola internasional di mana Indonesia selalu punya kans untuk menjadi juara. Akan tetapi, tentu saja, nasib Indonesia terkait keikutsertaaannya di turnamen kali ini masih belum jelas. Timnas “Garuda” pun terancam absen untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala AFF akibat status PSSI yang masih disanksi oleh FIFA. (askari)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL