ind-vieHanoi, LiputanIslam.com –Timnas Indonesia berhasil mencapai ‘target’ di laga awal babak grup Piala AFF 2014, saat menahan tuan rumah Vietnam dengan skor 2-2. Sempat tertinggal dua kali, Indonesia berhasil memanfaatkan dua kesalahan pemain lawan, hingga memaksa tuan rumah berbagi skor.

Melawan tuan rumah dalam laga yang dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, Satu (22/11/2014) malam, Indonesia memang hanya memasang target seri, karena tim Vietnam lebih diunggulkan dibandingkan Indonesia. Karena itu, hasil akhir 2-2 bisa disebut keberhasilan Pasukan Garuda.

Sebagaimana diprediksikan sebelumnya, Vietnam langsung bermain agresif sejak kickoff. Sebagaimana dilaporkan detik.com, baru detik ke-37 mereka sudah berhasil melepaskan crossing ke jantung pertahanan Indonesia. Semenit kemudian, umpan silang kedua mereka lakukan.

Di menit kelima Vietnam membuat tembakan pertama melalui Pham Thanh Luong, namun arahnya masih sedikit melebar dari gawang Kurnia Meiga.

Berselang tiga menit, Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang. Ia berhasil memblok tembakan keras dari jarak dekat yang dilepaskan Nguyen Hai Anh, yang berhasil menyeruak ke kotak penalti dan mengalahkan M. Robby.

Petaka untuk Indonesia terjadi di menit 11. Dari tendangan penjuru Vietnam, Sergio van Dijk menghalau bola dengan tidak baik. Bola jatuh ke kaki pemain Vietnam, Que Ngoc Hai, yang langsung menendang bola ke pojok kanan gawang, tanpa bisa dihentikan kiper dan bek-bek Indonesia. 1-0 tuan rumah memimpin.

Indonesia berhasil membalas di menit 32. Gal Indonesia juga terjadi akibat ketidaksempurnaan pemain belakang dalam menghalau bola. Diawali dengan serangan Indonesia dari sayap kanan. Umpan lambung Ridwan coba disundul pemain Vietnam, Ngoc Hoang Thinh, namun sundulannya tidak sempurna. Bola meluncur ke arah Zulham Zamrun yang berlari dari belakang. Dengan cepat Zulham memasuki kotak penalti dan melepaskan tendangan menyilang datar yang berhasil melewati hadangan kiper Tran Nguyen Manh. Gol, skor menjadi 1-1, dan skor ini bertahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, Vietnam juga terus mempertahankan pola mengurung pertahanan Indonesia. Akan tetapi, berbagai upaya mereka tidak membuahkan hasil. Di menit 60 Boaz yang tidak berbuat banyak ditarik keluar dan digantikan oleh Samsul Arif.

Di menit 67, dari serangan yang cepat, Vietnam memperoleh gol keduanya. Dari sayap kiri, Nguyen van Quyet berduel dengan Zulkifli Sukur. Bola berhasil disundul pendek oleh Zulkifli, tapi malah jatuh ke dekat Le Cong Vinh. Tanpa pengawalan, Cong Vinh melepaskan tembakan keras setengah voli, langsung ke arah gawang. Bola tembakan penyerang bernomor 9 itu begitu deras dan tak mampu dihentikan Kurnia Meiga.

Sampai memasuki menit ke-80, Indonesia tampak kesulitan berkreasi untuk menciptakan peluang-peluang berbahaya. Sebaliknya, Vietnam tetap melakukan pressing tinggi dan terus mengirim bola ke wilayah permainan Indonesia.

Di menit 83, sebuah kesalahan fatal dilakukan barisan belakang Vietnam. Seorang pemainnya membuat kesalahan, sehingga bola jatuh ke arah Samsul. Dengan cepat Samsul menguasai bola, menggiringnya, lalu menembak. Kiper Tran Nguyen Manh juga membuat blunder. Bola sepakan Samsul yang diantisipasinya malah meluncur di bawah kakinya. Gol, skor kembali berimbang 2-2, dan bertahan sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Di pertandingan sebelumnya di Grup A, Philipina berhasil mengalahkan Laos dengan skor telak 4-1. Dengan hasil ini, Philipina untuk sementara menjadi pemimpin grup. Pada pertandingan berikutnya, Indonesia akan melawan Philipina dan Vietnam akan menghadapi Laos. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL