foto: sportanews.com

foto: sportanews.com

Palembang, LiputanIslam.com – Indonesia dinilai sukses menjadi tuan rumah ASEAN University Games (POM ASEAN). Ditambah lagi, yang paling membanggakan adalah Indonesia berhasil menjadi juara umum dalam ajang yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan dari tanggal 10-21 Desember 2014.

Seluruh cabang olahraga POM ASEAN dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan panitia. Yang lebih membanggakan lagi Indonesia keluar sebagai juara umum setelah dipastikan meraih medali emas terbanyak dari 20 cabang olahraga yang dipertandingkan seperti diinformasikan oleh Panitia Pesta Olahraga Mahasiswa se-Asia Tenggara (ASEAN University Games) XVII, Asdit Abdullah yang dilansir dari antaranews.com.

20 cabang olahraga tersebut diantaranya adalah sepak bola, sepak takraw, voli, wushu, taekwondo, karate, catur, tenis lapangan, panahan, tenis meja, voli pantai, bulu tangkis, futsal, atletik, renang, anggar, pencak silat, selam, bola basket, dan pentaque.

Jika dikalkulasikan secara keseluruhan, Indonesia berhasil mengoleksi emas terbanyak. Disusul kemudian oleh Thailand yang sempat memimpin selama pertandingan berlangsung, namun beruntung dapat disalip oleh Indonesia di hari-hari terakhir menjelang penutupan POM ASEAN. Sementara Malaysia harus puas mendapat peringkat ketiga secara keseluruhan.

Tim Indonesia berada pada posisi puncak POM ASEAN dengan perolehan 57 medali emas, 68 perak, dan 43 perunggu, sedangkan Thailand di peringkat dua dengan perolehan medali (50 emas, 31 perak, 20 perunggu), dan peringkat ketiga dipegang kontingen Malaysia (32 emas, 35 perak, 46 perunggu).

POM ASEAN secara resmi telah ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang pada minggu malam (21/12) yang dimeriahkan oleh 300 penari dari Universitas Sriwijaya yang dikomandani oleh koreografer Denny Malik.

Selain penampilan mahasiswa yang akan membawakan tarian kolosal, karnaval, talempong, dan rebana yang bernuansa melayu modern, juga akan dimeriahkan penampilan grup musik dan artis Ibukota seperti grup band Nidji, Leonardi Boy, Aro The Voice, Leonal dan atraksi hiburan lainnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL