ocalogoJakarta, LiputanIslam.com, – Indonesia berpeluang besar untuk menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Negara-Negara Asia (Asian Games) tahun 2019 mendatang. Peluang itu didapat setelah Vietnam, yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tuan rumah, mengundurkan diri karena alasan finansial.

Berikutnya, Indonesia akan bersaing dengan India dalam mengajukan diri sebagai tuan rumah Asian Games XVIII pada 2019. Komite Olimpiade Asia (OCA) telah memperpanjang waktu supaya India dapat melakukan penawaran akhir.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo menilai Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah mengingat pada bidding tahun 2012, negara kita mengajukan diri sama seperti Vietnam. OCA pun telah melakukan peninjauan venue ke beberapa kota, seperti Palembang dan Jakarta.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan kesiapannya jika akhirnya Jakarta ditunjuk menjadi salah satu kota penyelenggara pertandingan.

Sebagaimana dilansir detik.com, Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri dan Biro Kepala Daerah Pemprov DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana saat ditemui di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Selasa (5/8/2014), menyatakan, “Itu harapan kita, mudah-mudahan Oktober ini ada kepastian. Tanggal 7-8 Agustus besok Tim Dewan Olimpiade Asia (OCA) dijadwalkan datang ke Jakarta mau melihat fasilitas-fasilitas yang ada,”

Iwan menilai keterpilihan menjadi menjadi tuan rumah Asian Games 2019 nantinya akan mampu menambah investasi yang masuk ke Jakarta dan menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi.

“Ini peluang bagus. Kalau sampai terpilih, bisa dibayangkan potensi investasi yang akan masuk,” imbuhnya.

Iwan juga mengatakan perlu adanya perhatian dari pihak-pihak terkait untuk mewujudkan target Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2019 nanti.

“Jangan cuma buat target, harus diperhatikan juga fasilitas-fasilitas yang ada. Fasilitas trek balap sepeda yang di Rawamangun, misalnya. Sekarang kita semua harus sensitif untuk melihat ini,” lanjutnya.

Awalnya, Asian Games sebenarnya dijadwalkan diadakan pada tahun 2018. Namun, dalam sidang umum Dewan Olimpiade Asia di Singapura pada tanggal 3 Juli 2009, panitia memutuskan untuk memindahkan pertandingan dalam waktu satu tahun sebelum Olimpiade Dunia. Karena Olimpiade diadakan tahun 2020, maka Asian Games diadakan tahun 2019.

Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 52 tahun yang lalu, yaitu pada tahun 1962. Sementara itu, saingan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2019, India, pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1982. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL