Tommy SugiartoJakarta, LiputanIslam.com — Dengan tambahan satu pemain tunggal putera, Simon Santoso, jumlah pebulu tangkis Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia 2014 menjadi 28 orang (16 wakil). Mereka masing-masing berasal dari sektor tunggal putera (2 orang), tunggal puteri (2 orang), ganda putera (4 pasangan), ganda puteri (4 pasangan), dan ganda campuran (4 pasangan).

Simon Santoso, pebulu tangkis yang kerap diganggu cedera, akhirnya bisa lolos ke putaran final Kejuaraan Dunia yang digulirkan di Kopenhagen, Denmark mulai 25-31 Agustus tersebut.

Simon Santoso awalnya nyaris tidak dapat berlaga di Kejuaraan Dunia tersebut. Pasalnya, Simon hanya menempati daftar tunggu pertama. Artinya, ia harus menunggu satu pemain tunggal putra mengundurkan diri untuk menjadi peserta Kejuaraan Dunia.Pada detik-detik terakhir sebelum undian, ternyata pemain Cina, Du Pengyu mengundurkan diri. Alasannya belum diketahui, namun diduga karena cedera atau keluar dari Pelatnas Cina.

Dengan begitu, nama Simon Santoso pun langsung masuk list pemain tunggal putra yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia 2014. Nama Simon juga langsung diikutsertakan dalam pengundian untuk menentukan lawan di babak pertama.

Akan tetapi, meskipun meloloskan Simon, kabar kurang baik datang dari hasil undian pertandingan turbamen tersebut. Sebagaimana dilansir detik.com, dari drawing yang dilaksanakan di Hotel Berjaya Times Square, Kuala Lumpur pada Senin (11/8/2014) siang, unggulan pertama asal Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berpotensi berjumpa Angga Pratama/Rian Agung Saputra di babak awal.

Ahsan/Hendra mendapatkan bye di babak pertama. Kemudian di babak kedua, ganda putra terbaik dunia itu ditunggu pasangan Thailand Wannawat Ampunsuwan/Patiphat Chalardchaleam. Jika skenario berjalan mulus, Ahsan/Hendra akan berjumpa dengan Angga/Rian.

Situasi serupa juga terjadi pada dua ganda putra Merah Putih lainnya, Berry Angriawan/ Ricky Karana dan Gideon Markus Fernaldy/Markis Kido. Berdasarkan undian, kedua pasangan itu berpotensi bentrok di babak ketiga.

Padahal, seperti diketahui, ganda putra menjadi satu-satunya tumpuan PP PBSI untuk membawa pulang gelar dari ajang, mengingat di atas kertas, peringkat dunia merekalah yang paling baik dibandingkan sektor lainnya. Apalagi, ganda campuran pasangan nomor satu dunia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mundur dari ajang ini karena Tontowi dibekap cedera.

Berikut ini adalahpara pemain Indonesia yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Denmark 2014.

Tunggal Putra:
Tommy Sugiarto, Simon Santoso

Tunggal Putri:
Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty

Ganda Putra:
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

Ganda Putri:
Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii, Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah

Ganda Campuran:
Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta, Praveen Jordan/Debby Susanto

(by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL