asiangamesJakarta, LiputanIslam.com – Kontingen Indonesia yang akan berpartisipasi pada Asian Games di Incheon, Korea Selatan, 19 September – 4 Oktober 2014, beranggotakan 186 atlet dari 23 cabang olahraga. Kontingen Indonesia menargetkan sembilan medali emas dan juga mencanangkan masuk ke 10 besar Asia di ajang ini.

Anggota kontingen sudah mulai berangkat sejak Kamis (11/9/2014), dan rencananya, mereka akan berangkat dalam beberapa tahap. Hal tersebut diungkapkan Chief de Mission (Ketua Kontingen) Suwarno  dalam acara pengukuhan kontingen atlet di Wisma Kemenpora Senayan.

“Keberangkatan kontingen akan dibagi dalam beberapa gelombang,  ‎Yang pertama sudah berangkat, (cabang) berkuda 4-5 September sebanyak 5 orang, cabang rowing 8 September, dan sepakbola 10 September. Setelah itu  akan dilakukan keberangkatan beberapa tahap lagi,” kata Suwarno.

Sementara itu Menteri Olahrga Roy Suryo dalam sambutannya mengatakan target yang dipatok Indonesia yaitu masuk 10 besar Asia. Menurutnya, target ini sangat tinggi. Sebab, untuk mencapai 10 besar Asia, Indonesia minimal harus bisa meraih sembilan medali emas.

Sebenarnya target tersebut untuk tahun 2022 mendatang. Namun, ketika Vietnam batal menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia mengajukan diri untuk menggantikan Vietnam.

“Dan tentu ketika menjadi penyelenggara, peringkat kita harus masuk 10 besarlah minimal,” kata Roy Suryo di sela-sela pelepasan Atlet di Wisma Menpora, Jakarta, Kamis.

Target tersebut, menurutnya, tidak mustahil lantaran Indonesia pernah meraih peringkat dua di event se-Asia itu. Namun, Indonesia juga pernah sangat terpuruk di posisi 22 pada tahun 1991 silam.

Hanya 23 Cabor

Dari 36 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia mengikuti 23 cabang saja, yakni, atletik, angkat besi, anggar, badminton, balap sepeda, berkuda, bola voli pantai, bowling, canoeing, gulat, judo, karate, layar, panahan, renang, rowing, sepak bola, sepak takraw, soft tennis, taekwondo, tenis, tinju, dan Wushu.

Dari 23 cabang olahraga tersebut, ada beberapa cabor yang diharapkan meraih medali emas untuk memenuhi target sembilan tersebut. Diantaranya, badminton, angkat besi, dan soft tennis.

Pada Asian Games 2010 Guangzho, Indonesia hanya finis di posisi 15 dengan mengantongi empat medali emas, sembilan perak, dan 13 perunggu.

“Kami sudah mempersiapkan beberapa cabor di antaranya, gulat dan yudo yang sudah tiba di Incheon. Renang yang baru mengikuti Hongkong Open pada 29-31 Agustus lalu,” ujar ketua Kontingen Indonesia, Suwarno. (by)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL