greysia-nityaIncheon, LiputanIslam.com–Greysia dan Nitya, pasangan ganda putri Indonesia, membawa harapan akan membawa kebanggaan bagi Indonesia di Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Keduanya berhasil menembus babak final pertandungan bulutangkis setelah menumbangkan unggulan kedua asal Tiongkok, Tian Qing/Zhao Yunlei, 21-17, 19-21, 21-17.

Pasangan dengan nama lengkap Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari ini bermain baik sejak awal dan memenangi persaingan ketat gim pertama.

Pada gim kedua, pasangan Tiongkok memimpin dalam pengumpulan poin. Juara Dunia 2014 tersebut bahkan sempat memimpin 18-13. Greysia/Nitya tak menyerah. Perlahan, mereka mendekat hingga 18-20, sebelum Tian/Zhao menutup gim ini dengan 21-19.

Gim ketiga berlangsung ketat di awal. Dengan semangat juang luar biasa, Greysia/Nitya akhirnya menyudahi pertandingan yang berlangsung 70 menit ini dengan 21-17.

Di babak final, Greysia/Nitya akan bersaing dengan unggulan pertama asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi untuk memperbutkan emas.

Pasangan Indonesia ini sangat terharu atas kemenangan yang mereka raih.

“Kami bersyukur bisa melaju ke babak final. Ini semua adalah hasil kerja keras. Lewat kemenangan ini, kami menunjukkan bahwa dalam setiap pertandingan, kami sangat ingin menang, sama seperti harapan para pendukung kami. Ini juga membuktikan bahwa kalau kita mau dan berusaha, tidak ada yang tidak mungkin,” kata Greysia, yang tak dapat menahan air mata haru, seperti dikutip Kompas (26/9).

“Dari mulai babak kedua, kami bertemu lawan yang sebelumnya selalu mengalahkan kami. Saat itu, kami berpikir tidak mau kalah lagi dari mereka. Kami hanya ingin menang. Jadi, kami fokus satu demi satu pertandingan,” tambahnya sambil mengusap air mata.

Kemenangan Greysia/Nitya ke babak final juga mencatat sejarah baru bagi sektor ganda putri Indonesia. Setelah 16 tahun lamanya, sektor ini belum berhasil mengirim wakil ke final Asian Games, kini keduanya menjadi simbol kebangkitan sektor yang kini ditangani Eng Hian tersebut.

Ganda putri Indonesia terakhir yang berhasil lolos ke babak final Asian Games adalah Deyana Lomban/Elyza Nathanael. Keduanya meraih medali perak Asian Games 1998 di Bangkok, Thailand, setelah dikalahkan Ge Fei/Gu Jun (Tiongkok) di babak final.(dw)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL